News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lagi-lagi Korea Utara Kirim Balon Sampah, Isinya Kertas Bekas hingga Puntung Rokok

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lagi-lagi Korea Utara Kirim Balon Sampah, Isinya Kertas Bekas hingga Puntung Rokok. Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (4/9/2024) bahwa sejumlah balon mencapai Provinsi Gyeonggi utara, utara ibu kota, Seoul.

TRIBUNNEWS.COM - Korea Selatan mendeteksi balon sampah yang diluncurkan oleh Korea Utara.

Aksi Pyongyang ini merupakan putaran terbaru dari aktivitas yang sudah mereka lakukan dalam beberapa bulan terakhir.

Korea Utara mengklaim tindakan tersebut adalah pembalasan terhadap aktivis sipil Korea Selatan yang menerbangkan selebaran propaganda melintasi perbatasan, Al Jazeera melaporkan.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu (4/9/2024) bahwa sejumlah balon mencapai Provinsi Gyeonggi utara, utara ibu kota, Seoul.

JCS mengimbau warga jika melihat balon jatuh, segera laporkan ke polisi atau TNI dan jangan menyentuhnya.

Pemerintah kota Seoul mengeluarkan peringatan melalui teks bahwa balon-balon itu telah terlihat dan menyarankan orang-orang untuk tetap berada di dalam ruangan dan berhati-hati terhadap benda-benda yang jatuh dari langit.

Sejauh ini belum ada laporan tentang cedera atau kerusakan.

Sejak akhir Mei, Korea Utara telah meluncurkan ribuan balon sampah yang disebutnya sebagai respons terhadap selebaran anti-Pyongyang yang dikirim oleh pembelot dan aktivis Korea Utara di Korea Selatan.

Terakhir kali Pyongyang meluncurkan balon berisi sampah adalah pada 10 Agustus 2024.

Korea Utara terhadap selebaran dari para aktivis tentang kehidupan di luar negeri karena khawatir informasi tersebut dapat menimbulkan ancaman bagi pemimpin negara tersebut, Kim Jong Un.

Balon Korea Utara sebelumnya telah menjatuhkan kertas bekas, potongan kain, dan puntung rokok.

Baca juga: Korea Utara Kirim Balon Sampah Lagi, Jatuh di Kompleks Kepresidenan Korea Selatan

Pada Juli, satu balon berisi sampah jatuh di kompleks kepresidenan Korea Selatan, meningkatkan kekhawatiran mengenai kerentanan fasilitas penting Korea Selatan.

Menanggapi balon-balon tersebut, militer Korea Selatan telah mulai menyiarkan propaganda anti-Pyongyang dan lagu-lagu K-pop di dekat perbatasan.

Peluncuran balon terbaru terjadi setelah para pemimpin Korea Selatan dan Selandia Baru mengecam program senjata Korea Utara pada hari Rabu sebelumnya.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan Perdana Menteri Selandia Baru Christopher Luxon mengutuk upaya Pyongyang untuk memperoleh senjata nuklir dan rudal balistik serta meningkatnya kerja sama militer dengan Rusia di tengah perang di Ukraina.

Balon-balon itu juga muncul saat Korea Selatan melakukan latihan militer dengan Amerika Serikat dan melihat ke arah barat.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini