News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Jerman hingga Rumania Dukung Ukraina, Rusia-Iran Semakin Kuat

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tank Rusia terbakar dibom pasukan Ukraina di Donetsk. Tak hanya Rusia dan Ukraina yang masih berselisih, gaung koalisi masing-masing negara juga semakin memanas

TRIBUNNEWS.COM - Tak hanya Rusia dan Ukraina yang masih berselisih, gaung koalisi masing-masing negara juga semakin memanas.

Terbaru Jerman melalui Menteri Luar Negeri-nya Annalena Baerbock mengkritik Partai Sosial Demokrat di negara bagian federal Brandenburg pada 7 September, karena melemahkan bantuan militer ke Ukraina, Welt melaporkan.

Diplomat itu menyampaikan pernyataan tersebut selama pertemuan cabang lokal partainya di Brandenburg.

Menurut laporan tersebut, Baerbock mengarahkan kritiknya kepada Menteri Presiden Brandenburg Dietmar Woidke, yang mengepalai cabang SPD di negara bagian Jerman timur tersebut.

Ia juga menyatakan kekecewaannya, dengan menyatakan bahwa ia sebelumnya percaya pada jaminan Woidke bahwa dukungan untuk Ukraina akan tetap teguh.

"Tiba-tiba, saya mendengar pertanyaan skeptis: Apakah SPD, yang menjadi asal muasal kanselir, benar-benar menanggapi pertanyaan tentang dukungan militer dengan jawaban yang ambigu dan netral?" kata Baerbock.

Pejabat itu juga mengkritik partai Alternatif untuk Jerman (AfD) karena mendukung kebijakan Rusia dan diktator Vladimir Putin alih-alih membantu Ukraina.

Bantuan militer Jerman untuk Ukraina

Proposal anggaran terbaru untuk tahun 2025 tidak mencakup peningkatan bantuan militer ke Ukraina, surat kabar Jerman Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung melaporkan pada 17 Agustus, seperti diberitakan The New Voice of Ukraine.

Menurut surat kabar tersebut, permintaan baru dari Kementerian Pertahanan Jerman tidak akan lagi disetujui karena pembatasan ketat yang diberlakukan oleh Kanselir Olaf Scholz dan Kementerian Keuangan.

Pada hari yang sama, juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Heorhiy Tykhyi menyatakan bahwa klaim tentang pemerintah Jerman yang diduga menghentikan bantuan militer ke Ukraina tidak benar dan manipulatif.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-928, Pasukan Putin Rugi Kehilangan 625 Ribu Tentara

Ia menambahkan bahwa tingkat dukungan dari Berlin ke Kyiv untuk tahun 2025 baru akan diketahui setelah anggaran disetujui, yang diharapkan tidak lebih awal dari November tahun ini.

Menanggapi pertanyaan dari publik, Kementerian Keuangan Jerman menyatakan bahwa bantuan bilateral ke Ukraina sebagian akan ditransfer ke program internasional di masa mendatang.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengumumkan pada 28 Agustus bahwa Berlin akan terus memberikan bantuan militer kepada Ukraina baik dari anggarannya sendiri maupun melalui kerja sama dengan negara-negara G7. Rancangan anggaran untuk tahun 2025 mencakup €4 miliar ($4,4 miliar) untuk dukungan militer bilateral kepada Ukraina, kata pejabat tersebut.

Rumania Protes

Diberitakan Pravda, Kementerian Luar Negeri Rumania telah memprotes pelanggaran wilayah udara negaranya oleh pesawat tak berawak Rusia pada Minggu malam, 8 September.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini