News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Media Inggris dan Jerman di Belakang Hoax Pro-Netanyahu, Hamas Dituding Selundupkan Sandera ke Iran

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para demonstran berdemonstrasi di Capitol Hill kemarin di Washington, DC. Para demonstran berkumpul untuk memprotes kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke Amerika Serikat menyusul kebrutalan Israel di Gaza.

Media Inggris dan Jerman di Belakang Hoax Pro-Netanyahu, Hamas Dituding Selundupkan Tawanan ke Iran

TRIBUNNEWS.COM- Media Inggris dan Jerman berada di balik kampanye berita palsu pro-Netanyahu, sebuah Laporan mengungkapkan.

Sebuah surat kabar yang berbasis di Inggris mengutip informasi intelijen yang direkayasa bahwa Hamas berencana untuk menyelundupkan tawanan keluar dari Gaza ke Iran.

Jewish Chronicle yang berbasis di Inggris menerbitkan laporan eksklusif bulan ini yang mengutip sumber intelijen palsu sebagai bagian dari "kampanye pengaruh pro-Bibi," Majalah +972 Israel melaporkan pada 11 September.

Laporan Jewish Chronicle bertujuan untuk mengumpulkan dukungan bagi rencana Perdana Menteri Benjamin “Bibi” Netanyahu untuk mempertahankan kehadiran pasukan Israel di sepanjang perbatasan Gaza–Mesir.

Selama konferensi persnya pada tanggal 4 September, Netanyahu berusaha meyakinkan wartawan tentang perlunya menjaga pasukan di sepanjang koridor penting Philadelphia di perbatasan Gaza dengan Mesir.

Netanyahu memperingatkan selama konferensi tersebut bahwa jika tentara tidak tetap ditempatkan di sepanjang koridor tersebut, Hamas dapat “dengan mudah menyelundupkan sandera keluar … ke gurun Sinai” dan kemudian dari sana ke “Iran atau … Yaman.”

Dia menambahkan bahwa mereka akan “hilang selamanya.”

Jewish Chronicle merilis laporannya keesokan harinya, mengutip "sumber intelijen" yang mengatakan bahwa pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar, bermaksud menyelundupkan tawanan ke Iran. Laporan tersebut mengklaim Sinwar sendiri akan berusaha melarikan diri ke Iran bersama para tawanan.

"Hal ini dilaporkan terungkap selama interogasi terhadap seorang pejabat senior Hamas yang ditangkap, serta informasi yang diperoleh dari dokumen yang disita pada hari Kamis, 29 Agustus, hari ketika enam jenazah sandera yang dibunuh itu diambil," klaim laporan itu.

“Bagi Sinwar, koridor Philadelphia ternyata menjadi satu-satunya pilihan yang tersedia untuk mewujudkan rencananya,” lanjutnya.

Kisah ini menarik perhatian besar, dengan beberapa media Israel mengangkatnya. Putra Netanyahu bahkan membagikan kisah ini melalui media sosial.

Saat bertemu dengan keluarga tawanan Israel, istri Netanyahu, Sara, mengatakan: “Tidak ada pilihan lain dengan Koridor Philadelphia – ada laporan bahwa [Hamas] akan melarikan diri ke Iran [dengan para sandera].”

Menurut +972 , “cerita itu sepenuhnya dibuat-buat.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini