News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Turki Autopsi Jenazah Aktivis Turki-AS yang Ditembak Israel sebelum Dimakamkan Hari Ini

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto aktivis Turki-AS, Aysenur Ezgi Eygi, yang ditembak Israel di Tepi Barat pada Jumat (6/9/2024). Turki melakukan autopsi kedua terhadap jenazah Aysenur Ezgi Eygi pada Jumat (13/9/2024) sebelum dimakamkan di Didim pada Sabtu (14/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM  - Jenazah aktivis kemanusiaan berkewarganegaraan Turki-Amerika, Aysenur Ezgi Eygi (26), yang ditembak mati oleh tentara Israel saat demonstrasi damai di Tepi Barat, tiba di Turki pada Jumat (13/9/2024).

Jenazah Aysenur Ezgi Eygi akan dimakamkan di kampung halamannya di Didim, negara bagian Aydin, Turki barat pada Sabtu (14/9/2024) hari ini.

Otoritas Kedokteran Forensik di Provinsi Izmir menyelesaikan prosedur autopsi kedua terhadap jenazah Aysenur Ezgi Eygi sebelum dimakamkan.

Sebelumnya, jenazah aktivis tersebut dipindahkan dari Bandara Adnan Menderes di Izmir, Turki bagian barat, ke Otoritas Kedokteran Forensik.

Proses autopsi berlangsung selama kurang lebih 4 jam.

"Hasil autopsi baru ini, setelah autopsi pertama yang dilakukan oleh 3 dokter Palestina, akan menjadi bukti yang kami gunakan untuk langkah selanjutnya," kata Menteri Kehakiman Turki, Yilmac Tanc, pada Jumat.

"Kami bermaksud mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional berdasarkan hasil penyelidikan," lanjutnya, seperti diberitakan Al Jazeera.

Jenazah Aysenur Ezgi Eygi Dimakamkan di Turki

Jenazah Aysenur Ezgi Eygi diangkut ke kampung halamannya setelah pelaksanaan autopsi kedua di Turki.

Aysenur Ezgi Eygi akan dimakamkan pada Sabtu (14/9/2024) setelah melaksanakan salat jenazah usai salat Dzuhur di Masjid Pusat di Didim.

Pada Jumat kemarin, banyak kota di Turki melaksanakan salat ghaib untuk jenazah Aysenur Ezgi Eygi.

Baca juga: Joe Biden Bela Israel, Pembunuhan Aktivis AS-Turki Disebut Kecelakaan, Kekasih Ezgi Eygi Protes

Kegiatan tersebut diikuti oleh sebagian besar warga, perwakilan Organisasi Bantuan Kemanusiaan Turki, sejumlah pejabat partai politik, dan perwakilan organisasi masyarakat sipil.

Aysenur Ezgi Eygi ditembak mati oleh pasukan Israel pada Jumat (6/9/2024) saat melakukan protes terhadap pemukiman ilegal Israel di Beita, sebuah kota di luar Nablus, Tepi Barat yang diduduki.

Kekasihnya, Hamid Ali, mengatakan Aysenur Ezgi Eygi ditembak oleh penembak jitu Israel yang berada sekitar 200 meter darinya.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) tidak mengucapkan belasungkawa kepada keluarga Aysenur Ezgi Eygi, seperti diberitakan Anadolu Agency.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini