News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bagaimana hubungan Prabowo-Gibran-Jokowi setelah polemik akun Fufufafa meluas?

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bagaimana hubungan Prabowo-Gibran-Jokowi setelah polemik akun Fufufafa meluas?

Polemik akun Fufufafa pada platform Kaskus menjadi salah satu tantangan politik pertama di tengah perpindahan kekuasaan Jokowi-Ma’ruf Amin kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang tinggal menghitung hari.

Unggahan lama akun Fufufafa kembali dimunculkan di berbagai media sosial pada akhir Agustus lalu, dan terus meluas sampai hari ini.

Isinya antara lain pernyataan negatif terhadap tokoh-tokoh politik, termasuk presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Sejumlah warganet mencurigai akun tersebut dikelola Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo. Namun, Gibran membantah kepemilikan akun Fufufafa dengan mengatakan, "Ya, tanya yang punya akun. Kok ke saya?“.

Dalam perkembangan lainnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan, "Pak Prabowo tidak terlalu pusing-pusing yang begitu“.

Begitu pula, Ormas ProJokowi (Projo) yang menilai isu ini sebagai "gendang pecah belah“.

Bagaimanapun, seorang pakar komunikasi politik melihat perbincangan warganet soal akun Fufufafa bisa berpotensi "mengakselerasi keretakan“ hubungan Prabowo-Jokowi. Bahkan, dia menduga hubungan keduanya dapat berlangsung ibarat panggung sandiwara—antara yang ditampilkan ke publik berbeda dari apa yang terjadi di balik layar.

Sementara itu, media pemantau media sosial berbasis kecerdasan buatan, Drone Emprit, menilai polemik ini dapat merusak reputasi dan citra publik Gibran, polarisasi pendukung, hingga krisis kepercayaan publik terhadap kepemimpinan.

Berikut adalah hal-hal perlu Anda ketahui seputar polemik akun Fufufafa.

Apa yang terbaru?

Gerindra akan mengambil langkah hukum terkait dengan "situs palsu“ Gerindra(dot)org. Sebelumnya situs ini dilaporkan memuat artikel yang menghubungkan akun kaskus Fufufafa dengan Gibran Rakabuming Raka, wakil presiden terpilih.

Menurut akun X resmi Gerindra, yang mengutip ketua hariannya, Sufmi Dasco Ahmad, langkah hukum yang akan dilakukan hanya untuk situs palsu Gerindra.

"Sementara, Gerindra tidak mau mengurusi akun kasus Fufufafa dan komentar-komentar yang dilontarkan akun tersebut,“ tulisnya.

Situs gerindra.org mempublikasikan artikel dengan judul “Jejak Mesum Fufufafa Terungkap: Gibran Diduga di Balik Akun yang Hina Prabowo dan Syahrini”.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini