News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lebanon: 9 Tewas dan Ribuan Orang Terluka akibat Ledakan Pager

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lebanon: 9 Tewas dan Ribuan Orang Terluka akibat Ledakan Pager

Sedikitnya sembilan orang tewas dan ribuan orang lainnya terluka setelah ribuan gawai penyeranta pager genggam meledak di seluruh Lebanon pada hari Selasa (17/09), demikian keterangan Kementerian Kesehatan Lebanon.

Menteri Kesehatan Lebanon Firas Abiad mengatakan ledakan tersebut "menewaskan sembilan orang, termasuk seorang anak perempuan."

"Sekitar 2.750 orang terluka... lebih dari 200 di antaranya dalam kondisi kritis," tambahnya.

Hizbullah, milisi di Lebanon yang didukung Iran, menyatakan setidaknya dua anggotanya tewas.

Lebih dari belasan orang lainnya terluka di Suriah, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris.

"14 orang yang kewarganegaraannya tidak diketahui terluka di Damaskus dan sekitarnya setelah pager yang digunakan oleh Hizbullah meledak," kata organisasi tersebut.

Kementerian Luar Negeri Lebanon mengecam apa yang disebutnya sebagai "eskalasi berbahaya dan disengaja oleh Israel."

Namun, Israel belum memberikan komentar mengenai insiden tersebut.

Kementerian Luar Negeri menuduh Israel mengancam untuk "memperluas perang ke Lebanon dalam skala besar."

Hizbullah isyaratkan aksi balasan

Hizbullah menuduh Israel di belakang ledakan pager tersebut. "Kami sepenuhnya menyalahkan musuh Israel atas agresi kriminal ini," kata Hizbullah. Mereka menambahkan bahwa Israel "pasti akan menerima hukuman setimpal" atas agresi ini.

Seorang pejabat Hizbullah, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa insiden ini merupakan "kebocoran keamanan terbesar" yang dialami kelompok tersebut dalam hampir setahun konflik dengan Israel.

Antara Israel dan Hizbullah telah terjadi saling serang lintas batas hampir setiap hari sejakl serangan teror Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober 2023, yang memicu perang di Jalur Gaza.

Menurut kantor berita Jerman DPA, rumah sakit Bahman di Beirut menerima lebih dari 100 orang akibat insiden ledakan pager. Beberapa di antaranya dikabarkan dalam kondisi kritis.

Kementerian Kesehatan Lebanon mendesak semua rumah sakit di seluruh negeri untuk waspada. Kementerian juga menyarankan masyarakat untuk menjauhi gawai yang mungkin berbahaya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini