News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Ledakan Pager Hizbullah Disebabkan oleh Bahan Peledak PETN yang Ditanam oleh Mossad Israel

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas medis mengankut warga yang terluka diangkut ke ambulans pasca ledakan pager di Lebanon, Selasa, 17 September 2024.

Ledakan Pager Hizbullah Disebabkan oleh Bahan Peledak PETN yang Ditanam oleh Mossad Israel

TRIBUNNEWS.COM- Ledakan ribuan Pager Hizbullah disebabkan oleh bahan peledak PETN yang ditanam oleh Mossad Israel.

Badan mata-mata Israel Mossad diduga telah mencegat pengiriman pager baru dari Hizbullah beberapa bulan yang lalu.

Mossad lalu memasang bahan peledak berkekuatan tinggi di dalamnya — yang mengakibatkan serangan mengejutkan terhadap kelompok teror Lebanon itu pada hari Selasa, menurut laporan baru.

Agen Mossad dilaporkan menempatkan Pentaerythritol tetranitrate (PETN), bahan yang sangat mudah meledak, di dalam baterai pager, kata sumber kepada Sky News Arabia,  menurut terjemahan dari Times of Israel .

Sumber tersebut menambahkan, perangkat tersebut kemudian diledakkan oleh sinyal eksternal yang menyebabkan baterai di dalamnya menjadi terlalu panas.

Operasi rumit tersebut mengakibatkan serangan massal terhadap anggota Hizbullah, menewaskan sembilan orang dan melukai sekitar 2.800 lainnya ketika pager meledak pada Selasa pagi di seluruh Lebanon dan di beberapa wilayah Suriah. 

Hizbullah mengonfirmasi bahwa banyak pejuang dan petugas medisnya terluka akibat ledakan tersebut, sementara seorang pejabat yang berbicara dengan syarat anonim menyebutnya sebagai "pelanggaran keamanan terbesar" sejak kelompok tersebut memulai serangan hampir setiap hari terhadap Israel pada 8 Oktober. 

Sementara Israel menolak mengomentari serangan itu, pejabat Hizbullah dan Lebanon menyalahkan Negara Yahudi, dan kelompok teror itu bersumpah akan membalas dendam. 

Perangkat yang meledak itu merupakan model terbaru yang diperoleh Hizbullah dalam beberapa bulan terakhir dan didistribusikan kepada para anggotanya, tiga sumber keamanan mengatakan kepada Reuters. 

Melalui penggunaan malware, perangkat tersebut dapat membuat baterainya menjadi terlalu panas dan memicu bahan peledak. 

Seorang pejabat Hizbullah  mengatakan kepada Wall Street Journal  bahwa beberapa anggota merasakan pager mereka memanas dan membuangnya sebelum meledak.  

Pada bulan Maret, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah telah memperingatkan para pejuangnya untuk tidak membawa telepon seluler, karena dapat digunakan untuk melacak pergerakan mereka atau melancarkan semacam serangan tertarget. 


SUMBER: NEW YORK POST

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini