News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menlu Iran Siap Bahas Negosiasi Nuklir dengan PBB Asalkan AS Tak Terlibat Langsung

Penulis: Bobby W
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araqchi. Menlu Iran menyatakan kesiapannya untuk memulai pembicaraan terkait negosiasi nuklir dengan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

TRIBUNNEWS.COM - Iran menyatakan kesiapannya untuk memulai pembicaraan terkait negosiasi nuklir dengan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Hal ini diutarakan Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araqchi di sela-sela Sidang Umum PBB yang berlangsung di New York pada Senin (23/9/2024).

"Saya akan tinggal di New York beberapa hari lebih lama daripada presiden (Masoud Pezeshkian) untuk mengadakan lebih banyak pertemuan dengan berbagai menteri luar negeri." ungkap Abbas.

"Melalui pertemuan tersebut, kami akan fokus pada upaya memulai putaran baru pembicaraan mengenai pakta nuklir," sambungnya dalam pesan video yang dipublikasikan melalui saluran Telegram-nya tersebut.

Ia menambahkan bahwa keinginan Iran untuk membahas negosiasi nuklir tersebut telah disampaikan langsung kepada perwakilan dari Swiss melalui sebuah "deklarasi umum kesiapan".

Meski demikian, Abbas meyakini kesepakatan nuklir dalam pembicaraan ini nantinya bakal sulit untuk diraih dengan tempo singkat.

Hal ini terjadi mengingat tensi hubungan internasional yang terjadi di regional timur tengah saat ini begitu panas

"Pengembalian atau pembicaraan terkait kesepakatan nuklir kali ini lebih rumit dan sulit dibandingkan sebelumnya." terang Abbas.

Sebelumnya di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump, Iran sempat menyepakati pakta nuklir dengan enam negara besar dunia yakni Tiongkok, Prancis, Jerman, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat,

Di dalam kesepakatan yang ditandatangani pada tahun 2015 tersebut, Iran menyepakati pengurangan program nuklirnya yang dipermasalahkan oleh AS dan sekutunya.

Sebagai imbalan atas kesepakatan tersebut, sanksi internasional yang diberikan pada Iran kala itu dihilangkan.

Baca juga: Iran Diklaim Terlibat dalam Pembelian Ribuan Pager Hizbullah yang Meledak, Muncul Pertanyaan Besar

Namun sayang, pakta tersebut menemui jalan buntu setelah Trump memutuskan agar AS menarik diri pada tahun 2018.

Belajar dari pengalaman tersebut, Iran kini menegaskan bahwa pihaknya enggan untuk membuat kembali kesepakatan nuklir bila AS terlibat langsung.

Hal ini disampaikan oleh Abbas Araqchi yang mengatakan dirinya tidak akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken untuk membahas kesepakatan nuklir jilid baru ini.

"Saya tidak percaya akan ada manfaat bila kita mengadakan dialog itu (dengan AS)." ungkap Abbas.

Abbas juga menilai saat ini Iran dan AS tak memiliki satupun kesamaan visi ataupun misi yang dapat digunakan sebagai fondasi untuk digelarnya pertemuan langsung antar kedua negara.

"Sebelumnya memang ada pertemuan seperti itu dengan AS, tetapi untuk saat ini tidak ada asas yang sesuai untuk mendasari pertemuan."

"Yang jelas Kami masih jauh dari upaya pembicaraan langsung dengan AS." pungkasnya.

(Tribunnews.com/Bobby)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini