News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Rusia dan Belarusia Dilarang Ikuti Turnamen Catur Dunia

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

International Chess Federation (FIDE). Federasi Catur Internasional (Fide) memutuskan untuk melarang tim catur Rusia dan Belarusia mengikuti kompetisi internasional.

TRIBUNNEWS.COM - Federasi Catur Internasional (FIDE) memutuskan untuk melarang tim catur Rusia dan Belarusia mengikuti kompetisi internasional.

Dalam sebuah langkah dramatis, pertemuan majelis umum FIDE memutuskan untuk mempertahankan sanksi terhadap Rusia dan sekutunya, Belarus.

Keputusan tersebut diambil pada Sidang Umum, yang diadakan di Budapest, Hungaria akhir pekan ini, sehubungan dengan diselenggarakan Olimpiade Catur ke-45, dikutip dari Chess.com.

Kedua negara, Rusia dan Belarusia, dikeluarkan dari federasi setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Mereka yang mendukung langkah tersebut mengatakan catur di Rusia dikendalikan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, dengan Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, duduk di dewan yang menjalankan permainan tersebut di dalam negeri.

Mayoritas delegasi di Budapest memberikan suara mendukung usulan untuk melakukan konsultasi dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengenai kemungkinan mencabut beberapa pembatasan terhadap anak-anak dan kelompok rentan.

Namun, larangan terhadap tim nasional Rusia, Ofisial, bendera dan lagu kebangsaan di kompetisi internasional akan tetap ada.

Keputusan akhir kini berada di tangan badan strategis federasi, Dewan FIDE, yang tidak mungkin membatalkan hasil pemungutan suara.

Kepala Federasi Catur Inggris, Malcolm Pein, mengatakan kepada BBC, hasil tersebut merupakan "kekalahan telak" bagi Rusia.

"Tidak diragukan lagi bahwa banyak delegasi takut akan konsekuensi bagi hubungan badan pengurus dengan IOC jika kebijakannya berbeda," katanya, dikutip dari BBC.

Kemenangan untuk Ukraina

Pada menit-menit terakhir, delegasi dari 66 negara mendukung usulan oleh Dewan FIDE, yang dipimpin oleh Presiden FIDE Rusia, Arkady Dvorkovich, untuk mempertimbangkan pencabutan sanksi bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun dan pemain penyandang disabilitas.

Baca juga:  Cara Militer Ukraina Manfaatkan AI untuk Serang Target Rusia, Tank Bisa Sembunyi di Hutan

Sebanyak 41 delegasi memilih untuk mempertahankan sanksi.

Sementara, hanya 21 delegasi yang memilih mendukung pencabutan larangan tersebut sepenuhnya.

Sebelas delegasi abstain, sedangkan 60 lainnya tidak hadir.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini