News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tsunami Hantam Pulau-pulau Kecil di Jepang Setelah Gempa M 5,9 Melanda

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

FOTO FILE: Gempa di Kota Kunimi, Prefektur Fukushima, Jepang sekitar pukul 8 pagi, Kamis (17/3/2022) sebuah bangunan besar rusak.

Badan cuaca Jepang juga telah mengeluarkan peringatan tsunami setinggi sekitar 1 m  untuk pulau Izu dan Ogasawara.

TRIBUNNEWS.COM, JEPANG -   Tsunami kecil melanda Jepang setelah gempa bumi berkekuatan M 5,9 menghantam pulau tak berpenghuni di Samudra Pasifik pada Selasa (24/9/2024) pagi ini.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, tsunami setinggi 50 cm itu  melanda Pulau Hachijo, salah satu Kepulauan Izu, sekitar 40 menit setelah gempa bumi.

Tsunami yang lebih kecil juga terdeteksi di tiga pulau lain, Kozushima, Miyakejima dan Izu Oshima, kata badan cuaca.

Sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat tsunami atau gempa bumi.

Badan cuaca juga telah mengeluarkan peringatan tsunami setinggi sekitar 1 m  untuk pulau Izu dan Ogasawara.

Sekitar 21.500 orang tinggal di pulau-pulau di gugus Izu dan sekitar 2.500 di Kepulauan Ogasawara, kantor berita The Associated Press melaporkan.

Sementara itu, hujan lebat melanda wilayah Noto di Jepang tengah pada hari Sabtu, menewaskan sedikitnya satu orang dan lebih dari tujuh orang dilaporkan hilang.

Curah hujan per jam mencapai rekor 121 mm (4,8 inci) pada Sabtu pagi di Wajima, sementara wilayah tetangga Suzu menerima 84,5 mm dalam satu jam, yang juga merupakan angka tertinggi sepanjang masa.

Gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter melanda Suzu, Wajima dan daerah sekitarnya di Jepang pada bulan Januari tahun ini, menewaskan lebih dari 300 orang.

Jepang terletak di Cincin Api Pasifik, serangkaian patahan seismik di Samudra Pasifik, dan merupakan salah satu negara paling rawan gempa bumi dan tsunami di dunia.

Sumber: AP/Japan Times

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini