News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

AS Dorong Gencatan Senjata 3 Minggu di Lebanon, 3 Hari Serangan Israel Tewaskan 600 Orang

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tim penyelamat bergegas ke lokasi serangan udara Israel yang menargetkan desa Abbasiyeh di Lebanon selatan pada 24 September 2024. - Israel mengumumkan puluhan serangan udara baru terhadap benteng Hizbullah di Lebanon, sehari setelah 558 orang, termasuk 50 anak-anak, tewas dalam hari kekerasan paling mematikan sejak perang saudara Lebanon. (Photo by Kawnat HAJU / AFP)

AS Dorong Gencatan Senjata Israel Hizbullah di Lebanon, 3 Hari Serangan Israel Tewaskan 600 Orang

TRIBUNNEWS.COM- AS dan sekutunya dorong gencatan senjata di Lebanon, peluang untuk 'diplomasi'.

Hizbullah terus melawan kampanye pemboman besar-besaran Israel yang telah menewaskan lebih dari 600 orang di Lebanon hanya dalam tiga hari.

AS dan sekutu-sekutu barat dan Arabnya merilis pernyataan pada tanggal 25 September yang menyerukan gencatan senjata selama tiga minggu antara Hizbullah dan Israel, menyusul serangan hebat Israel pada malam berikutnya di Lebanon selatan dan timur, majalah Time melaporkan pada tanggal 26 September.

Serangan udara Israel terhadap Hizbullah dan sasaran sipil telah menewaskan lebih dari 600 orang, termasuk 50 anak-anak, dan menyebabkan sekitar 500.000 orang mengungsi sejak dimulainya serangan pada Senin dini hari.

Meskipun menderita kerugian, Hizbullah terus melawan agresi Israel, menembakkan rudal ke target-target yang jauh di dalam Israel, termasuk sejumlah lokasi militer dekat Haifa dan markas besar intelijen Israel dekat Tel Aviv.

Australia, Kanada, Uni Eropa, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Arab Saudi, UEA, Inggris, dan Qatar menandatangani pernyataan tersebut, yang mereka katakan akan memungkinkan negosiasi yang mendorong Hizbullah untuk mematuhi Resolusi Dewan Keamanan PBB 1701, serta mencapai gencatan senjata di Gaza.

"Sudah saatnya untuk menyelesaikan penyelesaian diplomatik yang memungkinkan warga sipil di kedua sisi perbatasan untuk kembali ke rumah mereka dengan aman," kata pernyataan yang dirilis Rabu malam.

Tidak ada indikasi apakah Israel atau Hizbullah akan menyetujui gencatan senjata. 
Pejabat militer Israel mengatakan mereka sedang mempersiapkan invasi darat ke Lebanon dan ingin mendorong Hizbullah melewati Sungai Litani. 

Hizbullah mengatakan mereka hanya akan menghentikan pertempuran setelah agresi Israel di Gaza berakhir.

Ketika ditanya apakah Israel dan Hizbullah akan menerima usulan tersebut, seorang pejabat Gedung Putih mengatakan kepada Sky News, “Kami telah melakukan pembicaraan ini dengan kedua belah pihak … mereka memahami teks-teks tersebut, dan kami akan membiarkan mereka berbicara tentang tindakan mereka. Kami mengharapkan kesepakatan tersebut dalam beberapa jam mendatang.”

Ketua Parlemen Lebanon, Nabih Berri, mengatakan kepada Asharq al-Awsat bahwa ia tengah melakukan "upaya serius" dengan pihak-pihak internasional, termasuk AS, untuk mengekang eskalasi Israel baru-baru ini terhadap Lebanon. Ia menambahkan bahwa 24 jam ke depan akan menjadi "penentu."

Pejabat anonim yang berbicara dengan Time mengklaim tujuan proposal tersebut adalah untuk "mencegah pecahnya perang besar, menciptakan kondisi bagi puluhan ribu warga Israel yang mengungsi untuk kembali ke wilayah utara negara mereka, dan membantu menghidupkan kembali upaya gencatan senjata dan kesepakatan penyanderaan di Gaza."

Pada bulan Juni, pejabat senior AS "meyakinkan" Israel tentang dukungan mereka terhadap perang melawan Hizbullah setelah delegasi Israel mengunjungi Washington. 
"Jika perang habis-habisan meletus di perbatasan utara antara Israel dan Hizbullah, pemerintahan Biden sepenuhnya siap untuk mendukung sekutunya, menurut seorang pejabat senior pemerintahan," CNN melaporkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini