News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Drone Kamikaze Rusia Melipir Perbatasan Rumania, Empat F-16 Keluar Sarang

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi jet tempur F-16

TRIBUNNEWS.COM -- Militer Ukraina mengerahkan empat unit pesawat tempurnya gara-gara drone Rusia.

Jet tempur F-16 milik Ukraina itu keluar dari sarangnya setelah radar milik Kementerian Pertahanan Ukraina mendeteksi adanya drone kamikaze Moskow terbang melipir perbatasan Ukraina pada Jumat (27/9/2024) dini hari.

Media Rumania Agerpres mengabarkan, pesawat nirawak (UAV) yang diduga adalah drone Shahed milik Rusia pun akhirnya menemui sasarannya di sebuah palabuhan di Ukraina.

Baca juga: Zelensky Temui Presiden Biden di AS, Rusia Bombardir Ukraina

Dalam postingannya di media sosial, Kementerian Pertahanan Rumania melaporkan empat jet tempur F-16 itu lepas landas dari Pangkalan Udara Borcea 86 mulai pukul 1:52 dan kemudian, mulai pukul 3:22, dua pesawat F-18 Angkatan Udara Spanyol dari Polisi Udara Lanjutan lepas landas dari Pangkalan Udara Mihail Kogalniceanu 57. Keempat jet tempur mendarat sekitar pukul 4:00.

"Sistem pengawasan radar Rumania mengindikasikan kemungkinan bahwa salah satu UAV yang terlibat dalam serangan terhadap target Ukraina mungkin telah melintasi wilayah udara nasional sekitar pukul 3:00 selama kurang dari tiga menit, terbang mendekati perbatasan," demikian bunyi laporan tersebut.

Pelanggaran tersebut tidak berdampak pada wilayah Rumania. Pencarian kemungkinan puing terus dilakukan, termasuk dengan menggunakan pengawasan udara. 

Dalam konteks ini, pihak berwenang memberi tahu penduduk di wilayah timur jauh Distrik Tulcea melalui pesan RO-ALERT pada pukul 02:01.

Usai pelanggaran wilayah tersebut, Rumania langsung mengecam. Negara itu tidak ingin senjata Rusia mengancam keamanan wilayahnya saat menyerang Ukraina.

Ukrinform melaporkan, penyerangan di sebelumnya, 14 orang, termasuk tiga anak-anak, terluka di Izmail akibat serangan pesawat nirawak pada Jumat malam, 27 September. Tiga orang tewas.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-947: Donald Trump Minta Zelensky Serahkan Wilayah ke Putin


Pada 8 September, Kementerian Pertahanan Rumania mengonfirmasi bahwa selama serangan pesawat nirawak Rusia terbaru di Ukraina, sebuah UAV Rusia melanggar wilayah udara Rumania. Ditemukan di dekat kota Periprava di distrik Tulcea.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini