News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Hizbullah Belum Tentukan Pengganti Hassan Nasrallah yang Dibunuh Israel, Bantah Tunjuk Hashem

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pejabat Hizbullah, Hashem Safieddine, berbicara di acara pemakaman Taleb Abdallah, juga dikenal sebagai Abu Taleb, seorang komandan lapangan senior Hizbullah yang disebabkan oleh apa yang menurut pasukan keamanan sebagai serangan Israel kemarin malam, di pinggiran selatan Beirut, Lebanon 12 Juni 2024 . (Reuters/Mohamed Azakir)

Hizbullah Belum Tentukan Pengganti Hassan Nasrallah yang Dibunuh Israel, Bantah Tunjuk Hashem Safieddine

 

TRIBUNNEWS.COM - Hizbullah menyatakan belum menentukan siapa sosok pengganti tokoh penting Hizbullah, Hassan Nasrallah yang tewas dibunuh Israel dalam serangan udara mematikan di Lebanon.

Hizbullah membantah kabar dan spekulasi yang menyatakan mereka telah memilih Hashem Safieddine sebagai pengganti Hassan Nasrallah.

Bantahan Hizbullah diumumkan melalui saluran Telegram resmi imilik Hizbullah pada hari Minggu malam, 29 September 2024 tak lama setelah laporan hari Minggu dari sumber-sumber di saluran berita Saudi Al Arabiya dan Al Hadath bahwa Safieddine secara resmi ditunjuk sebagai penerus Nasrallah.

Hassan Nasrallah (via Atlantic Council)

Ada banyak spekulasi mengenai siapa yang akan menggantikan Nasrallah dalam memimpin kelompok teror Hizbullah setelah dia dibunuh pada hari Jumat dalam serangan udara Israel.

Selain itu, sorotan juga disorot pada Safieddine, yang secara luas dianggap sebagai pewaris kelompok teror tersebut.

Siapa Hashem Safieddine?

Hashem Safieddine adalah saudara sepupu Hassan Nasrallah dan, seperti Hassan Nasrallah, dia juga dikenal sebagai ulama Muslim.

Hashem Safieddine kerap mengenakan sorban hitam yang menunjukkan keturunan Nabi Muhammad SAW.

Pejabat senior Hizbullah Hashem Safieddine berbicara saat pemakaman Mohammed Nasser, seorang komandan senior Hizbullah yang dibunuh oleh apa yang menurut sumber keamanan adalah serangan Israel pada hari Rabu, di pinggiran selatan Beirut, Lebanon 4 Juli 2024. Reuters/Aziz Taher/Jerusalem Post

Sebagai ketua dewan eksekutif, peran Safieddine adalah mengawasi urusan politik Hizbullah. Dia juga duduk di Dewan Jihad, yang mengelola operasi militer kelompok tersebut.

Departemen Luar Negeri AS menetapkan Safieddine sebagai teroris pada tahun 2017, dan pada bulan Juni, ia mengancam akan melakukan eskalasi besar-besaran terhadap Israel setelah pembunuhan yang dilakukan Hizbullah lainnya.

Baca juga: Israel Tahu Lokasi Bos Hizbullah Hassan Nasrallah selama Berbulan-bulan sebelum Dibunuh Pakai 80 Bom

“Biarkan (musuh) mempersiapkan diri untuk menangis dan meratap,” katanya di pemakaman.

Pernyataan publik Safieddine sering kali mencerminkan sikap teroris Hizbullah dan keberpihakannya dalam perjuangan Palestina.

Baca juga: Orang Dekat Hassan Nasrallah Diduga Membocorkan Informasi Rahasia kepada Israel

Pada sebuah acara baru-baru ini di Dahiyeh, markas Hizbullah di pinggiran selatan Beirut, ia menyatakan, “Sejarah kami, senjata kami, dan roket kami menyertai Anda,” untuk menunjukkan solidaritas terhadap para pejuang Palestina.

Hashem Safieddine telah terpilih sebagai sekretaris jenderal baru kelompok teror Hizbullah, menggantikan Hassan Nasrallah, yang dibunuh oleh serangan udara Israel pada hari Sabtu, menurut laporan Al Arabiya dan Al Hadath di Sund

 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini