News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-950: Rusia Gempur Kota Zaporizhzhia Pakai Bom Berpemandu

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-950: Rusia Gempur Kota Zaporizhzhia dengan Bom Berpemandu. Pejabat Ukraina mengatakan serangan tersebut telah melukai sedikitnya 16 orang dan merusak rel kereta api, infrastruktur, serta bangunan perumahan dan komersial.

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-950 pada Senin (30/9/2024).

Rusia menyerang kota Zaporizhzhia, Ukraina, menggunakan sejumlah bom berpemandu, Minggu (29/9/2024).

Pejabat Ukraina mengatakan serangan tersebut telah melukai sedikitnya 16 orang dan merusak rel kereta api, infrastruktur, serta bangunan perumahan dan komersial.

"Pasukan Rusia menyerang tiga distrik di kota tenggara itu dengan total 13 bom berpemandu antara pukul 5 pagi dan 7 pagi, kata gubernur wilayah Zaporizhzhia. Serangan itu melukai sedikitnya 16 orang, termasuk dua anak berusia delapan dan 17 tahun," kata Gubernur Oblast Zaporizhzhia, Ivan Fedorov.

Selengkapnya, simak peristiwa lainnya berikut ini.

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-950:

1. Komentar Zelensky atas Serangan Kota Zaporizhzhia

Presiden Volodymyr Zelensky berkomentar mengenai situasi di kota Zaporizhzhia, melalui unggahan di aplikasi pesan Telegram,

Senada dengan pernyataan Fedorov, Zelensky mengatakan beberapa bangunan tempat tinggal, infrastruktur kota, dan rel kereta api rusak, dan memposting gambar dari lokasi serangan yang menunjukkan mobil-mobil hangus, sebuah lubang yang meledak melalui sebuah bangunan tempat tinggal, dan penyelamat yang berjuang memadamkan api.

Pejabat setempat mengatakan kereta api tertunda dan dialihkan sementara penyelamat membersihkan puing-puing.

2. Manajemen PLTN Zaporizhzhia Klaim Ukraina Melancarkan Serangan

Sementara itu, manajemen pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia mengatakan pasukan Ukraina telah melancarkan serangan baru terhadap gardu listrik di dekatnya, menghancurkan sebuah transformator.

Manajemen pembangkit tersebut mengatakan di Telegram pada Minggu, serangan artileri telah mengenai transformator di gardu induk "Raduga" di kota Enerhodar di Ukraina tenggara.

Mereka menggambarkan insiden tersebut bertujuan untuk "mendestabilisasi situasi di kota satelit pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia".

Baca juga: Bertemu Zelensky, Donald Trump Janjikan Selesaikan Perang Ukraina-Rusia dengan Cepat

Foto yang menunjukkan asap mengepul dari atas sebuah gedung tersebar di media sosial.

Menteri Luar Negeri, Andriy Sybiha, sebelumnya menuduh Rusia merencanakan serangan terhadap fasilitas nuklir Ukraina sebelum musim dingin.

3. Kerahkan Drone, Rusia Serbu Kyiv

Rusia melancarkan serangan pesawat nirawak ke Kyiv pada Senin pagi, menggunakan unit pertahanan udara dilibatkan dalam menangkis serangan tersebut , kata militer Ukraina.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini