News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Iran Vs Israel

BREAKING NEWS: Iran Serang Israel, Luncurkan Puluhan Rudal Balistik ke Tel Aviv

Penulis: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Iran dilaporkan telah meluncurkan rudal ke Israel pada hari Selasa (1/10/2024) waktu setempat.

TRIBUNNEWS.COM, TEL AVIV - Iran dilaporkan telah meluncurkan rudal ke Israel pada hari Selasa (1/10/2024) waktu setempat, hanya empat hari setelah serangan Israel di Beirut menewaskan pemimpin gerakan Hizbullah yang didukung Iran, Hassan Nasrallah.

Serangan ini bahkan lebih cepat dari peringatan pejabat Amerika Serikat yang mengatakan Iran akan menyerang dalam beberapa jam ke depan.

Militer Israel mengunggah di X pada pukul 7:35 malam waktu setempat yang mendesak "semua warga sipil Israel [untuk pergi ke] tempat perlindungan bom saat roket dari Iran ditembakkan ke Israel."

Ini adalah kedua kalinya Iran melancarkan serangan terhadap Israel dalam waktu kurang dari enam bulan.

Belum ada laporan resmi soal dampak serangan Iran ini. Hanya sejumlah pegiat media sosial melaporkan terjadi beberapa ledakan di Tel Aviv.

Sebelumnya, Pejabat Gedung Putih telah memperingatkan bahwa Iran "segera" berencana untuk menyerang Israel dalam serangan rudal balistik, sehari setelah Israel mengatakan telah meluncurkan serangan darat terbatas terhadap Hizbullah di Lebanon.

"Amerika Serikat memiliki indikasi bahwa Iran sedang mempersiapkan untuk segera meluncurkan serangan rudal balistik terhadap Israel," kata seorang pejabat senior Gedung Putih pada Selasa sore dalam sambutan yang disiarkan oleh kantor berita AS dan Eropa.

Di sisi lain, Teheran telah bersumpah untuk membalas Israel atas serangkaian serangan terhadap Iran dan milisi yang didukungnya di seluruh Timur Tengah, termasuk Hizbullah.

"Kami secara aktif mendukung persiapan pertahanan untuk membela Israel terhadap serangan ini," kata pejabat AS itu dalam sebuah pernyataan, memperingatkan bahwa tindakan seperti itu "akan membawa konsekuensi yang parah bagi Iran".

Amerika menyatakan, jika benar-benar terjadi, serangan itu bisa sama besarnya atau lebih besar dari salvo rudal dan amunisi yang berkeliaran, atau pesawat tanpa awak yang meledak, yang diluncurkan Iran ke Israel pada bulan April, kata pejabat Gedung Putih.

Dalam serangan langsung pertamanya terhadap Israel, Iran meluncurkan 170 pesawat nirawak, 30 rudal jelajah, dan 120 rudal balistik dalam serangan pada bulan April, kata seorang juru bicara Pasukan Pertahanan Israel saat itu. Sebagian besar berhasil dijatuhkan oleh Israel dan sekutunya sebelum mengenai sasaran mereka.

Juru bicara IDF, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan AS telah memperingatkan Israel tentang serangan yang akan datang dan bahwa pasukan Israel berada dalam "kesiapan tertinggi mereka - ofensif dan defensif".

Mengacu pada serangan April, ia berkata: "Kami telah menangani ancaman ini di masa lalu, dan kami akan menanganinya sekarang."

Ia menambahkan: "Serangan Iran terhadap negara Israel akan memiliki konsekuensi. Kami memiliki rencana dan kemampuan."

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini