News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Aksi 'Nyeleneh' MIliter Ukraina, Ubah Tank Leopard 2A6 Jerman Jadi Mobil Derek Tank T-72 Era Soviet

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Cuplikan video yang menunjukkan Tank Leopard A26 buatan Jerman milik Ukraina menderek Tank T-72 era Soviet, juga milik pasukan Ukraina dalam sebuah adegan evakuasi dramatis dan berbahaya.

Aksi 'Nyeleneh' MIliter Ukraina, Ubah Tank Leopard 2A6 Buatan Jerman Jadi Mobil Derek Tank T-72 Era Soviet

TRIBUNNEWS.COM - Militer Ukraina baru-baru ini melakukan aksi 'nyeleneh' dengan berimprovisasi mengubah tank Leopard 2A6 buatan Jerman menjadi kendaraan evakuasi untuk tank T-72 era Soviet di medan perang. 

Pemandangan yang tidak biasa ini ditangkap pada video yang dibagikan melalui saluran Telegram.

Video tersebut tampaknya menggambarkan proses evakuasi darurat yang dilakukan Tank Leopard A26 buatan Jerman milik Ukraina untuk menyelamatkan Tank T-72 era Soviet yang juga milik pasukan Ukraina dari bombardemen pasukan Rusia di medan perang.

Sebagai informasi, Ukrania yang selama ini mengandalkan tank T-72 era Soviet untuk menghadapi pasukan Rusia, mendapat tank-tank Leopard dari sekutu mereka di NATO.

Baca juga: Rusia Tawarkan Lisensi Produksi 50 Jet Su-30MKI ke Negara yang Pasok Drone Canggih Buat Israel

Situs militer BM, dikutip Sabtu (5/10/2024), melansir, para pengamat militer dari Ukraina dan Rusia berspekulasi bahwa pada situasi itu terjadi karena kurangnya kendaraan evakuasi khusus.

Spekulasi lain, diubahnya tank Leopard 2A6 menjadi mobil derek untuk menarik T-72 ke tempat yang aman hanya karena masalah kepraktisan di lapangan yang membutuhkan kecepatan bertindak.

Video unik tersebut bisa disimak melalui tautan ini.

Rekaman itu menampilkan Tank Leopard 2A6 modern, yang didukung oleh mesin 1500-tenaga kuda, dengan hati-hati bermanuver di sepanjang jalan beraspal, menarik T-72 yang tidak bergerak. 

Adegan itu terbentang secara dramatis dalam tampilan tiga babak, sebelum akhirnya tank Leopard itu menemui jalan hutan beralas tanah. 

Konvoi tank darurat ini terlihat melintasi garis pertahanan yang sarat hambatan, Tank-tank ini tampak berselimut asap tebal saat melaju ke depan.

Tank Leopard 2A6 buatan Jerman.

Risiko Besar Bagi Tank Leopard 2A6 

Manuver ini terlihat cukup pintar, namun menarik Tank T-72 dengan Tank Leopard 2A6 datang dengan serangkaian tantangan tersendiri.

Tank Leopard 2A6, dengan berat sekitar 62 ton, direkayasa untuk kelincahan dan daya tembak.

Namun, itu bisa rentan terhadap kerusakan akibat tegangan kuat saat menarik kendaraan yang sama besar dan kuat.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini