News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Berperang Untuk Ukraina, Tentara Bayaran AS Berusia 72 Tahun Divonis 6 Tahun Penjara

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Stephen Hubbard diputus terbukti berperang untuk Ukraina di wilayah Donbass, Ukraina timur.

TRIBUNNEWS.COM -- Pengadilan di Moskow memvonis penjara seorang tentara bayaran asal Amerika Serikat berusia 72 tahun.

Russia Today melaporkan, Stephen Hubbard diputus terbukti berperang untuk Ukraina di wilayah Donbass, Ukraina timur.

Dalam persidangan terungkap bahwa Hubbard telah 10 tahun tinggal di Ukraina.

Baca juga: Inggris Siapkan Rp 72 Triliun Untuk Lengkapi Ukraina Dengan Senjata Modern

Namun ia meneken kontrak dengan unit pertahanan teritorial di kota Izyum pada Februari 2022, beberapa hari setelah Rusia melakukan invasi ke Ukraina.

Dalam laporan dakwaan, pria ini dijanjikan bayaran sebesar 1.000 dolar AS per bulan, atau setara dengan Rp 15 juta lebih.

Sebelum berperang, pria ini juga telah dibekali pelatihan dan bertempur serta senjata dan amunisi.

Hubbard dilaporkan ditahan oleh tentara Rusia pada 2 April 2022 selama pertempuran untuk kota strategis tersebut, kurang dari dua minggu setelah Moskow melancarkan serangannya di Ukraina.

Sidang Hubbard berlangsung secara tertutup di Pengadilan Kota Moskow, di mana ia mengaku bersalah atas tuduhan bertugas sebagai tentara bayaran. 

Dalam sebuah wawancara bulan lalu, Hubbard, penduduk asli Michigan, mengklaim bahwa ia dihasut untuk bergabung dengan pasukan Kiev oleh media Ukraina tanpa sepenuhnya memahami situasinya.

Baca juga: Inggris Siapkan Rp 72 Triliun Untuk Lengkapi Ukraina Dengan Senjata Modern

Pada hari Senin, Hakim Alexandra Kovalevskaya menjatuhkan hukuman enam tahun sepuluh bulan penjara kepada Hubbard. 

Pengacaranya menolak berkomentar mengenai putusan tersebut, tetapi diketahui bahwa Hubbard akan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengonfirmasi bahwa Hubbard ditangkap dua tahun lalu di Ukraina tetapi menyatakan bahwa Washington memiliki informasi terbatas mengenai kasus tersebut, menuduh Moskow menolak memberikan akses konsuler kepada tahanan Amerika tersebut. 

Sementara itu, saudara perempuan Hubbard dan kerabat lainnya meragukan pengakuannya, dengan menyatakan bahwa ia tidak mungkin mengangkat senjata di usianya saat ini.

Hubbard akan menjalani hukumannya, dikurangi waktu yang telah dihabiskannya dalam penahanan praperadilan, di koloni rezim umum, di mana ia akan memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat setelah menyelesaikan setengah dari masa hukumannya. 

Pengadilan juga memerintahkan agar 142.000 hryvnia ($3.400) yang disita dari Hubbard selama penangkapannya dibayarkan kepada negara Rusia.

Moskow memiliki nama lebih dari 4.000 tentara bayaran asing yang dipekerjakan untuk berperang bagi Kiev, dan pasukan Rusia telah ditugaskan untuk “mengumpulkan informasi dengan cermat” tentang orang-orang tersebut, kata Rodion Miroshnik, yang memimpin misi khusus untuk menyelidiki dugaan kejahatan perang Ukraina, pada bulan Agustus.

Pada bulan Maret, Kementerian Pertahanan Rusia menerbitkan daftar negara-negara tempat tentara bayaran datang untuk berperang bagi Kiev. 

Statistik tersebut mengklaim bahwa jumlah total pejuang tersebut – yang dianggap sebagai target sah oleh militer Rusia – lebih dari 13.300. 

Dari jumlah tersebut, sekitar 6.000 telah tewas, kementerian tersebut melaporkan. Laporan itu menyebut Polandia, Georgia, dan AS sebagai tiga pemasok tentara bayaran teratas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini