News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Israel Hadapi Tagihan Perang 66 Miliar Dolar atau Rp 1 Kuadriliun Seiring Memburuknya Krisis Ekonomi

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aksi solidaritas di Manchester, Inggris pada 15 September 2024, yang menyerukan kekuatan global untuk berhenti mempersenjatai Israel

Israel Hadapi Tagihan Perang 66 Miliar Dolar atau lebih dari Rp 1 Kuadriliun Seiring Memburuknya Krisis Ekonomi

TRIBUNNEWS.COM- Israel hadapi tagihan perang senilai $66 miliar seiring memburuknya krisis ekonomi.

Profesor Universitas Columbia Adam Tooze mengatakan Israel sedang berperang dengan biaya mahal untuk membuat Gaza 'tidak layak huni'

Total biaya perang Israel di Gaza dan Lebanon selama beberapa tahun akan mencapai sekitar $66 miliar, sekitar 11 hingga 12 persen dari PDB Israel sebelum perang, menurut Bank Sentral Israel.

Angka tersebut diungkapkan oleh Adam Tooze, seorang profesor sejarah dan direktur Institut Eropa di Universitas Columbia di New York, yang telah banyak menulis tentang krisis keuangan.  

Dalam wawancaranya dengan Foreign Policy pada tanggal 7 Oktober, ia menyatakan bahwa Israel tengah berperang atas pilihannya sendiri, yang mencakup tujuan melancarkan kekerasan massal untuk membuat Gaza tidak layak huni dan berurusan dengan Hizbullah.

"Israel dengan sengaja meningkatkan kerusakan di Gaza dan upaya untuk menghadapi Hizbullah di Lebanon. Jadi ini mahal," kata Tooze.

Bahkan dengan bantuan AS, yang diperkirakan Tooze sekitar 14 miliar dolar hingga 15 miliar dolar per tahun, biaya perang merupakan beban bagi pemerintah dan masyarakat Israel, tambahnya.

Secara terpisah, sebuah laporan yang diterbitkan oleh proyek Biaya Perang Universitas Brown mengatakan AS telah memberikan Israel 17,9 miliar dolar dalam bantuan militer tahun lalu, dan menghabiskan sedikitnya 22,76 miliar dolar untuk membantu Israel, jumlah tertinggi dalam sejarah kedua negara.

Tooze lebih lanjut mencatat bahwa sebagai akibat dari perang, pariwisata Israel telah anjlok hingga 75 persen, dan ratusan ribu pekerja telah dikeluarkan dari perekonomian pada saat bertugas sebagai tentara cadangan.

"Hal ini jelas mengganggu Israel, yang berpenduduk 10 juta jiwa. Jika jumlah tersebut dikeluarkan dari angkatan kerja, usia produktif, kaum muda yang bekerja, hal ini akan merugikan."

Tooze mengatakan bahwa ekonomi Israel, khususnya sektor konstruksi, semakin menderita setelah memberlakukan larangan terhadap sekitar 80.000 hingga 150.000 pekerja migran Palestina dari Tepi Barat.

Perkiraan pertumbuhan PDB Israel telah turun dari tiga atau empat persen menjadi hampir nol dalam waktu dekat. 

Pada saat yang sama, negara itu menghadapi lonjakan besar dalam belanja pemerintah.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini