News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rayakan Diwali 2024, Pemerintah Malaysia Gratiskan Semua Tarif Tol pada Tanggal 29 dan 30 Oktober

Penulis: Bobby W
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

pemerintah Malaysia melalui Kementerian Pekerjaan Umum memberikan program tarif pintu tol gratis selama Diwali 2024 di seluruh wilayah Malaysia pada tanggal 29 dan 30 Oktober.

TRIBUNNEWS.COM - Sama seperti perayaan Diwali di tahun-tahun sebelumnya, hari raya umat Hindu ini juga diperingati dengan meriah di Malaysia 

Bahkan pada Diwali 2024 kali ini pemerintah Malaysia memberikan program yang menarik bagi seluruh masyarakatnya, tak terbatas pada kaum Hindu saja.

Hal ini terjadi menyusul keputusan pemerintah Negeri Jiran yang menggratiskan semua layanan tarif pintu tol di Malaysia pada tanggal 29 dan 30 Oktober.

Sesuai dengan arahan Kerajaan Malaysia, pemerintah Malaysia melalui Kementerian Pekerjaan Umum mengumumkan pemberian program tol gratis kepada semua pengguna jalan raya selama dua hari mulai dari pukul 00.00 hari Selasa (29/10/2024) waktu setempat.

Menteri Pekerjaan Umum Malaysia, Datuk Seri Alexander Nanta Linggi, menyatakan bahwa program ini akan dimulai selama dua hari mendatang hingga 11:59 malam Rabu ini (30/10/2024).

Namun demikian, kebijakan tol gratis ini dikhususkan bagi para pengguna kendaraan pribadi dan tak berlaku bagi transportasi umum.

Selain itu, tol tersebut tak berlaku untuk gate yang menghubungkan ke perbatasan negara tetangga.

"Penghapusan tol hanya diberikan kepada kendaraan Kelas 1 (kendaraan pribadi) di semua plaza tol, kecuali untuk plaza tol di perbatasan negara." ungkap Alexander pada Senin ini (28/10/2024) seperti yang dilaporkan oleh Sinar Harian.

Adapun tol perbatasan yang dimaksud Alexander tersebut yaitu Tol Bangunan Sultan Iskandar (BSI) di Jalan Raya Utara-Selatan (PLUS) dan Tol Tanjung Kupang di Jalan Kedua Malaysia-Singapura (LINKEDUA) di Johor,

Dalam kegiatan jumpa pers tersebut, Alexander juga menyebutkan bahwa pemerintah menganggarkan biaya hingga 38 Juta Ringgit atau sekitar Rp 137 Miliar untuk pelaksanaan program tol gratis tersebut.

Semua biaya tol gratis selama Diwali 2024 ini akan ditanggung oleh pemerintah, dengan pembayaran kompensasi dilakukan kepada semua perusahaan konsesi tol yang terlibat.

Baca juga: Viral di Malaysia, Damkar di Kelantan Tangkap Ular 240 Kg yang Makan 3 Kambing Milik Warga

"Pemberian tol gratis ini sejalan dengan pokok-pokok utama pemerintah Malaysia MADANI, yaitu Kesejahteraan dan Ihsan, dalam membantu meringankan biaya hidup rakyat serta memperkuat budaya persatuan di antara masyarakat yang beragam di negara ini," lanjutnya.

Sehubungan itu, ia berharap pengguna jalan raya dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan merencanakan perjalanan mereka agar lalu lintas berjalan lancar sesuai dengan panduan yang diberikan.

"Atas nama Kementerian Pekerjaan Umum, Lembaga Lebuhraya Malaysia, dan semua perusahaan konsesi jalan raya, saya mengajak pengguna jalan untuk mengemudikan kendaraan dengan bijak dan mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan." ungkap Alexander.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini