News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perdana Menteri Abe Amat Bangga, Ahli Biologi Jepang Raih Nobel

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dr Yoshinori Ohsumi, peraih hadiah Nobel bidang Kedokteran 2016

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO--Komite Nobel mengumumkan Hadiah Nobel bidang Kedokteran 2016 jatuh kepada kepada ahli biologi Jepang, Dr Yoshinori Ohsumi.

Dia dianggap berjasa atas penemuannya tentang degradasi dan daur ulang sel dalam proses yang disebut sebagai autofagi.

Penemuan Dr Ohsumi ini dianggap penting karena membantu menjelaskan banyak hal yang menyebabkan sejumlah penyakit, mulai dari kanker hingga Parkinson.

Demikian pengumuman itu dimuat dalam media massa dunia, Senin (3/10/2016).

Atas raihan yang mengarumkan nama bangsa tersebut, Perdana Menteri Shinzo Abe mengaku bangga bahwa seorang ilmuwan Jepang memenangkan Penghargaan Nobel di bidang Fisiologi atau Kedokteran tahun ini berkat risetnya yang memberi harapan bagi mereka yang menderita penyakit tak tersembuhkan.

Abe menyampaikan hal tersebut di parlemen pada Selasa (4/10/2016) ini.

Ia mengatakan, kemenangan Yoshinori Ohsumi adalah insentif besar bagi para peneliti muda. Abe mengatakan sangat senang bahwa para peneliti Jepang menjadi pemimpin dalam inovasi ilmiah di dunia.

Dikisahkan bahwa ahli biologi Jepang tersebut mengaku masih merasa tidak percaya bahwa dirinya memenangkan Penghargaan Nobel.

Ohsumi yang merupakan profesor kehormatan di Institut Teknologi Tokyo sebelumnya dianugerahi sebagai pemenang Penghargaan Nobel bidang Fisiologi atau Kedokteran pada Senin (3/10/2016) kemarin.

Ohsumi dan istrinya pada Selasa (4/10/2016) ini menggelar keterangan pers di kampusnya di Kota Yokohama, dekat Tokyo.

Ia mengatakan perasaannya akan terasa semakin nyata saat ia menikmati minuman di rumahnya. Ia mengatakan, sebagai seorang peneliti tidak ada penghargaan tertinggi selain Nobel.

Ia mengatakan bahwa pekerjaannya merupakan hasil dari dukungan banyak orang dan merasa bersyukur karena diberkati oleh teman-teman dan rekan-rekan peneliti yang luar biasa.

Sementara istrinya Mariko tertawa lebar saat menjelaskan bagaimana perasaannya saat mendengar kabar kemenangan suaminya. Ia mengatakan bahwa suaminya selalu menggodanya, jadi ketika suaminya memberitahu kemenangannya di Nobel, ia awalnya mengira suaminya itu berbohong.

Ohsumi dan istrinya dijadwalkan akan menghadiri upacara pemberian penghargaan di Stockholm, Swedia pada 10 Desember mendatang.

Ketika mengetahui ia mendapat Hadiah Nobel Kedokteran 2016, ia dilaporkan terkejut tetapi 'benar-benar merasa terhormat'.

Dalam wawancara dengan televisi Jepang NHK, Dr Ohsumi mengatakan tubuh manusia, "Selalu mengulang proses membusuk otomatis, atau kanibalisme, dan ada keseimbangan sempurna antara formasi dan pembusukan. Itulah hidup."

Yoshinori Ohsumi telah bekerja di Institut Teknologi Tokyo sejak 2009.

Lebih dari 270 ilmuwan dicalonkan untuk mendapatkan hadiah ini dengan pemenangnya mendapat hadiah sekitar Rp12 miliar.

Pemenang bidang fisika, kimia, dan perdamaian akan diumumkan beberapa hari mendatang. (NHK/BBC/Malau)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini