News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Nutrisi Ibu Menyusui

Agar Lancar Puasa, Ini ASI Booster Tinggi Protein yang Baik untuk Dikonsumsi Busui

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Ibu menyusui.

TRIBUNNEWS.COM - Bagi new mom yang sedang memberikan ASI eksklusif, ibadah puasa mungkin menjadi dilema tersendiri, sebab keduanya adalah kewajiban yang harus dijalani. Kekhawatiran akan kualitas dan kuantitas ASI pun kerap menjadi hal yang dipertimbangkan oleh busui.

Padahal, kondisi tersebut tak perlu terlalu dikhawatirkan. Dilansir dari Klikdokter, ASI akan tetap diproduksi meskipun busui tidak mengonsumsi makanan maupun minuman selama beberapa jam. Pasalnya, tubuh memiliki sumber lemak cadangan yang berperan dalam produksi ASI. 

Selain itu, memerah ASI secara rutin juga dapat menjadi salah satu upaya untuk menjaga kuantitas ASI yang diproduksi. Oleh karenanya, busui disarankan untuk menjalankan jadwal pemberian ASI seperti biasanya, baik itu dengan cara menyusui maupun melakukan pumping.

Nah, guna mendukung proses produksi ASI berjalan aman dan lancar, terdapat sejumlah persiapan yang bisa dilakukan agar ASI tetap sehat dan berkualitas di tengah menjalankan ibadah puasa. Salah satunya dengan memerhatikan asupan nutrisi harian yang Busui konsumsi. 

Mengutip pernyataan dokter ahli gizi yang disadur dari Kompas.com, protein merupakan salah satu unsur nutrisi yang wajib dipenuhi kecukupan hariannya oleh ibu menyusui.

Selama menyusui, tubuh menggunakan protein untuk memproduksi ASI dan mendukung pertumbuhan bayi. Kemudian, nutrisi ini juga membantu pertumbuhan sel-sel baru pada organ, otot, dan otak bayi. 

Baca juga: 5 Tips Tetap Sehat agar Ibu Menyusui Optimal MengASIhi

ASI booster tinggi protein

Meningkatkan asupan protein merupakan hal penting yang dilakukan ibu menyusui guna menjaga kesehatan dan menunjang produksi ASI. Setiap harinya, ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi protein sebanyak 77 gram.

Adapun cara untuk memenuhi kecukupan nutrisi tersebut yaitu dengan mengonsumsi ASI booster berprotein tinggi. Seperti diketahui, ASI booster adalah sebutan makanan yang dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi dan kualitas air susu ibu (ASI).

Disarikan dari Sanford Health, berikut beberapa makanan tinggi protein yang bisa dikonsumsi oleh busui  sebagai ASI booster:

1. Ikan salmon 

Ikan rendah merkuri ini mengandung vitamin B12 dan asam lemak omega-3 yang menjadikannya sebagai salah satu sumber protein yang sangat baik. Selain bantu meningkatkan kualitas ASI, kandungan nutrisi tersebut juga bermanfaat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

2. Daging sapi

Selain sebagai sumber protein berkualitas tinggi, daging sapi juga kaya akan zat besi dan vitamin B. Kombinasi nutrisi ini juga dapat membantu ibu menyusui menjaga energi dan kesehatan selama periode ASI eksklusif.

3. Telur

Bagi ibu menyusui, konsumsi telur dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang berperan dalam meningkatkan produksi ASI, mengingat sebutir telur kaya akan protein, mineral, dan vitamin. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak sang buah hati.

4. Kacang-kacangan dan polong-polongan

ASI booster berikutnya adalah kacang-kacangan dan polong-polongan yang juga merupakan sumber asam lemak esensial dan protein yang sehat. Dikutip dari Klikdokter, kandungan galactagogue yang terdapat dalam jenis makanan ini sangatlah baik untuk meningkatkan produksi ASI.

Adapun jenis kacang-kacangan yang dinilai paling baik untuk melancarkan ASI adalah kacang almond. Meski begitu, sebenarnya semua jenis kacang-kacangan memiliki manfaat baik untuk menunjang produksi ASI.

Selain itu, polong-polongan yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui sebagai ASI booster adalah kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah, dan jenis polong-polongan lainnya.

5. Susu untuk ibu menyusui

ASI booster yang satu ini mengandung nutrisi lengkap yang sangat baik untuk mendukung busui memberikan ASI yang sehat dan berkualitas bagi buah hati, mulai dari protein, kalsium, zat besi, AA, DHA, Omega 3 dan 6.

Dengan kandungan nutrisi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para Busui, susu khusus ibu menyusui menjadi salah satu sumber asupan yang dapat membantu meningkatkan produksi dan kualitas ASI. 

Oleh karenanya, Busui sangat disarankan untuk meminum susu khusus menyusui agar kebutuhan nutrisi ibu saat menyusui dapat terpenuhi. Dengan begitu, kesehatan tubuh ibu pun selalu terjaga dan tumbuh kembang buah hati dapat optimal.

Baca juga: Ingin Tetap Bugar Selama Menyusui? Ini Nutrisi yang Perlu Dikonsumsi!

Salah satu susu ibu menyusui yang bisa diandalkan sebagai ASI booster adalah PRENAGEN lactamom yang mengandung nutrisi lengkap untuk bantu menjaga sistem imun tubuh ibu dan buah hati dan kaya akan protein yang baik untuk perkembangan organ tubuh bayi. 

Terlebih, protein susu adalah protein yang paling mudah dicerna dan diserap, sehingga bisa menjadi sumber energi tepat agar ibu menyusui tetap fit selama menjalankan ibadah puasa.

Sebagai ASI booster yang dipercaya oleh busui, PRENAGEN lactamom mengandung vitamin B2 dan B12 yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI yang berkualitas. 

Susu bernutrisi lengkap ini turut diperkaya dengan Kalsium untuk membantu menjaga kesehatan tulang ibu dan mencegah osteoporosis, juga zat besi yang bermanfaat mencegah anemia di tengah berpuasa.

PRENAGEN lactamom juga memiliki kandungan DHA dan Omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Dengan segudang manfaatnya, PRENAGEN lactamom hadir dalam beberapa varian rasa enak yang enggak bikin eneg, yaitu French Vanilla, Velvety Chocolate, dan Lovely Strawberry.

Sekarang ibu sudah tahu kan bahwa ibadah puasa tetap bisa dijalankan meskipun sedang dalam periode ASI eksklusif? Dengan memastikan kecukupan protein harian, ibu menyusui dapat tetap menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Karena itu, yuk penuhi kebutuhan nutrisi lengkap saat menyusui dengan mengonsumsi PRENAGEN lactamom dua gelas sehari, saat sahur dan berbuka puasa agar kesehatan ibu dan buah hati selalu terjaga!

Baca juga: Tahukah Ibu? Ini Nutrisi Penting untuk ASI Booster!

Penulis: Yosephin Pasaribu | Editor: Anniza Kemala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini