News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

6 Makanan Ini Akan Hilang Nutrisinya Kalau Dipanaskan Dengan Microwave

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM - Sering memasak atau memanaskan makanan dengan microwave? Rasanya praktis memang, namun Anda patut waspada. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan tertentu yang bila dipanaskan di dalam microwave akan kehilangan nutrisinya. Makanan apa sajakah itu?

Berikut enam makanan yang "haram" dipanaskan di dalam microwave seperti dikutip Tribunnews.com dari MedicalDaily.com:

1. Asparagus
Jenis sayuran yang satu ini kaya akan nutrisi dan antioksidan serta vitamin C. Berdasarkan studi pada 1999 yang dipublikasikan di dalam jurnal Agroculturae Scandinavica B, ditemukan bahwa memanaskan aspagarus di microwave dapat mengurangi kandungan vitaminnya, seperti vitamin B dan C. Selain mudah larut dalam air, kedua vitamin ini juga memang rentan terhadap panas, udara, dan sinar.

2. Air Susu Ibu (ASI)
ASI merupakan sumber terbaik nutrisi dan bakteri baik bagi bayi. Namun kebaikan ASI terancam hilang jika dipanaskan di dalam microwave. Dan bahkan sebaliknya, terjadi peningkatan pertumbuhan bakteri jahat dalam ASI.

Sebuah studi pada 1992 yang dipublikasikan jurnal Pediatrics menunjukkan terjadi pertumbuhan bakteri E.coli yang cukup drastis pada ASI yang dipanaskan dengan microwave. Jumlahnya sekitar 18 kali lebih tinggi ketimbang ASI yang dihangatkan tanpa microwave.

3. Brokoli
Memanaskan brokoli dapat mengurangi kandungan antioksidannya hingga 97 persen. Demikian hasil penelitian pada 2003 yang dipublikasikan di dalam Journal of the science of Food and Agriculture. Berbeda bila memasaknya dengan panas kompor, brokoli hanya kehilangan 11 persen antioksidannya.

4. Cabai Kering
Memanaskan cabai kering di dalam microwave berisiko memicu kebakaran. Tidak seperti bahan makanan lainnya, cabai kering memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi di antaranya magnesium, selenium, dan zat besi. Bila dipanaskan, mineralnya akan bersifat seperti besi-besi kecil yang bersirkulasi di dalam microwave. Baunya juga sangat membuat mata dan hidung seperti tersengat.

5. Buah-buahan Beku
Jurnal Bioelectromagnetics pernah mempublikasikan sebuah studi yang menyebut memanaskan buah beku dapat mengubah glukosida dan galaktosida yang baik bagi tubuh menjadi bahan-bahan karsigonik yang diketahui dapat menyebabkan kanker. Bila ingin mengawetkan buah, lebih baik menyimpannya di dalam lemari kulkas ketimbang freezer.

6. Bawang Putih
Memanaskan bawang putih dengan microwave terbukti dapat menyebabkan allyl, semacam komponen sulfur antikanker, dalam bawang putih menghilang. Demikian hasil riset pada 2001 yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini