News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ubi Ungu, Umbian-umbian Tepat untuk Makanan Pendamping ASI

Penulis: Nurul Hanna
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dokter Spesialis Anak, Julistio Djais (kiri), Desi Hendradiani (tengah), Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat ITB, Ali Khomsan (kanan) saat peluncuran SUN ubi ungu di Hotel Veranda, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2016).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ubi ungu memiliki banyak kelebihan dibanding umbi-umbian lainnya. Selain kaya serat, ubi ungu juga mengandung vitamin dan antioksidan tinggi.

Makanan Pendamping ASI (MPASI) wajib diberikan kepada bayi yang sudah lebih dari 6 bulan. Namun, tak bisa sembarangan memilih bahan untuk dijadikan MPASI. Pasalnya, sistem pencernaan bayi belum sempurna.

Jenis umbian yang paling tepat dijadikan MPASI adalah ubi ungu.
Dokter Spesialis Anak, Julistio Djais memaparkan kandungan yang ada dalam ubi ungu.

"Ubi ungu merupakan sumber karbohidrat yang baik. Selain mengandung serat, pigmen dalam ubi ungu memiliki khasiat sebagai antioksidan. Selain itu vitamin A, C, dan D-nya lebih banyak dibanding umbian lain," ujarnya di Veranda Hotel, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2016).

Selain itu, ubi ungu juga memiliki zat Antosianin, yakni bermanfaat untuk perbaikan sistem pencernaan pada bayi. Antosianin juga bertugas memberi makanan kepada bakteri baik yang ada dalam sistem pencernaan.

Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat ITB, Ali Khomsan menyatakan alasan ubi ungu tepat sebagai bahan MPASI.
"Selain dapat digolongkan sebagai suoerfood, ubi ungu dapat menanamkan cita rasa non beras pada anak. Selain itu sifat non glutennya cocok untuk anak-anak yang menderita alergi terhadap Gluten," ujar Ali.

PT Indofood CBP meluncurkan produk MPASI andalannya yakni SUN, dengan varian rasa ubi ungu.

Melalui uji coba yang panjang agar menjadi MPASI yang berkualitas bagi bayi, SUN ubi ungu juga mementingkan agar cita rasa ubi ungu disukai bayi.

"Kami uji coba agar cita rasanya disukai bayi. SUN ubi ungu bukan memakai pasta, melainkan 30%nya mengandung ubi ungu alami," kata Brand Manager SUN, Nutrion & Special Food, Desi Hendradiani.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini