News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Obesitas Bisa Dialami Anak-anak, Batasi Jenis Makanan Bukan Solusi Tepat

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penampilan terbaru Arya Permana, bocah obesitas yang berhasil turunkan berat badan hingga 102 kg

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Kelebihan berat badan atau obesitas tidak hanya terjadi pada orang usia remaja dewasa hingga lansia, tapi juga dapat menyerang anak-anak.

Biasanya orangtua memilih melarang anak-anak bahkan tidak memperkenalkan jenis makanan tertentu kepada si anak dengan alasan takut anak gendut.

Ternyata membatasi jenis makanan pada anak kurang tepat, Ahli Gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan mengatakan yang harus dibatasi adalah porsinya.

Memperkenalkan berbagai jenis makanan kepada anak dinilai baik bagi perkembangan kecil karena anak dapat mengenal berbagai macam rasa sehingga si kecil tidak hanya makan makanan yang ia suka saja.

Baca: Bagaimana Mencegah Anak agar Tak Terkena Obesitas?

“Jadi kalau anak-anak dia untungnya diberi makanan yang beragam justru bagus jadi kalau anak-anak itu jangan diawali melarang, yang diwaspadai porsinya,” tutur Ali Khomsan kepada Tribunnews.com, Selasa (15/1/2019).

Ali Khomsan juga menyebutkan memberikan jenis makanan beragam sejak kecil akan menjauhkan anak dari fase tidak doyan makan.

“Ketika anak itu makan makanan yang beragam, makan banyak, maka dia doyan makan dibanding yang lain,” pungkas Ali.

Dalam membatasi porsi makanan, orangtua harus mengenal kandungan dalam makanan seperti makanan yang banyak mengandung lemak dan minyak seperti makanan yang digoreng-goreng harus dibatasi.

“Intinya ibu harus phamai proses pengelolan pangan anak, makanan beragam tidak papa tapi proses pembuatan makanan yang diperhatikan,” kata Ali.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini