News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bagaimana Cegah Obesitas pada Anak? Ini yang Harus Dilakukan Orangtua

Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Obesitas pada anak

TRIBUNNEWS.COM - Penelitian menunjukkan bahwa manusia secara alami tertarik pada rasa manis, termasuk bagi anak-anak.

Pemanis bisa berkisar dari bentuk yang sederhana, seperti fruktosa dan glukosa. Hingga gula meja biasa, madu, dan sirup jagung fruktosa tinggi.

Meskipun penggunaan utama gula adalah sebagai pemanis, gula memiliki kegunaan lain. Misalnya, dapat digunakan sebagai pengawet, dapat mengubah tekstur makanan, dan dapat meningkatkan rasa dan menambah warna.

Gula dalam makanan, baik alami atau ditambahkan, menyediakan kalori sebagai bahan bakar yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari.

Baca: Gatal-gatal Bukan Selalu karena Alergi, Diabetes Bisa Jadi Biang Keladi

Konsumsi gula yang berlebihan tentunya tidak baik bagi si kecil. Oleh karena itu, Anda oangtua perlu mengontrol asupan gula si kecil, dengan tidak membiasakan memberikan makanan tinggi gula.

Anda harus ingat bahwa kalori dari gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu, gula juga dapat berperan dalam perkembangan kerusakan gigi.

Penggunaan gula tebu dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan melemahkan sistem kekebalan. Juga dapat menyebabkan banyak kondisi kesehatan seperti obesitas dan diabetes tipe 2.

Berikut alternatif gula yang bisa Anda pakai selain gula tebu.

1. Madu organik

Madu tetap menjadi pemanis alami yang paling dikenal. Madu mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral, termasuk niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng, menurut National Honey Board.

Baca: Selalu Mengantuk Meski Sudah Tidur Cukup? Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Madu juga bersifat menyembuhkan, digunakan untuk mengobati batuk, asma, demam, dan menyembuhkan kulit terbakar dan luka.

2. Sirup maple

Sirup maple mengandung antioksidan yang disebut polifenol, telah ditunjukkan dalam penelitian untuk mencegah kanker dan penyakit lainnya.

Baca: Manfaat Rajin Minum Air Putih Hangat Tiap Pagi

Sirup ini juga dapat digunakan untuk memanggang.

3. Buah organik murni atau tumbuk

Cara lain yang mudah untuk mengganti gula bagi anak-anak adalah dengan menggunakan buah yang dihaluskan. Buah utuh mengandung serat dan protein yang dikeluarkan dari sari buah.

Sehingga melumatkan potongan buah utuh adalah pilihan yang lebih bergizi dibandingkan jus buah. Pisang, apel atau buah beri dapat menggantikan gula untuk membuat muffin.

Pemanis dari buah ini juga dapat ditambahkan ke smoothies, dan dituangkan ke oatmeal atau sereal lainnya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini