News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bercak Hitam Pada Kulit Muka Bisa Diatasi dengan Obat Hingga Terapi Khusus

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pisang bintik hitam

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Munculnya pigmentasi berupa bercak-bercak hitam atau gelap pada kulit atau yang disebut melasma kerap mengurangi rasa percaya diri. Kondisi itu bisa diatasi dengan terapi khusus.

Dr. Sammy Yahya, Sp.KK dari SKINDA Medical Skin Care & Dermatology Center menyebutkan bercak hitam tersebut sebenarnya bisa disembuhkan dengan cara kombinasi obat topikal, oral, dan prosedur penggunaan obat oles yang tepat.

Kemudian agar lebih optimal bisa ditambahkan dengan treatment pelengkap seperti terapi peeling kimiawi dan laser.

“Kombinasi perawatan di atas merupakan pilihan terbaik untuk hasil maksimal. Follow-up yang rutin juga sangat diperlukan terutama untuk mengevaluasi perkembangan penyakitnya karena melasma sering rekurens,” kata dr. Sammy saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019).

Baca: Mengenal Masalah Pigmentasi, Bercak Gelap yang Muncul Pada Kulit

Agar bercak-bercak lebih cepat hilang selama masa pengobatan disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan terlebih dulu, bisa melindungi dengan penggunaan topi dan penutup kepala atau payung.

Proteksi lainnya adalah dengan menggunakan sun screen dengan SPF minimal 30, pilih yang bahannya cocok dengan kulit agar tidak menimbulkan iritsi yang akan membuat bercak bertahan lebih lama.

“Perawatan sebaiknya dilakukan secara teratur untuk memiliki kulit yang sehat,” kata dr. Sammy.

Bercak-bercak gelap pada kulit itu bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari faktor genetik, sinar uv, kehamilan, terapi hormonal, obat-obatan, dan kosmetik.

Bahkan, penyakit tiroid juga dikaitkan dengan masalah kulit melasma.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini