News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Solusi Awet Muda di 2020 dengan Vitamin Alami dan Suplemen

Editor: Husein Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

makanan untuk awet muda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Berganti tahun bukan berarti Anda akan terlihat bertambah tua. Di tahun baru 2020, barangkali menjadi momentum untuk memiliki solusi hidup sehat, sekaligus melawan proses penuaan secara fisik.

Menjadi tua memang sudah suratan takdir, seiring dengan bertambah usia kita. Namun para ahli kesehatan sering memberi motivasi, kita masih dapat mengurangi laju proses penuaan, dengan cara mengatasi kerutan dan cekungan pada tubuh, dua gejala penuaan yang sering dikeluhkan.

Demi tetap tampil cantik dan awet muda di usia tua, banyak yang melakukan perawatan estetika wajah dan menjalankan kiat antipenuaan atau antiaging dengan cara alami melalui vitamin dan suplemen.

Perawatan yang berkaitan dengan estetika wajah seperti botox, filler, slimming, peeling, dan skincare. Cara lain ialah dengan menyasar pada permukaan kulit dengan cara mengkonsumsi vitamin alami dan suplemen. Keduanya bekerja dari dalam tubuh untuk melawan penuaan.

Berikut ini beragam kandungan suplemen antiaging dan vitamin alami berikut kegunaannya bagi tubuh agar Anda dapat mengurangi proses penuaan di tahun 2020, sebagaimana direkomendasikan oleh tim Jovee, produsen suplemen kesehatan.

1. Retinol / Retin A / Ratinoid
Zat ini merupakan salah satu keluarga dari vitamin A yang dapat memperbaiki kulit dari kerutan, spot hitam, kekusaman, dan kendur dengan cara mempercepat pergerakan sel kulit serta merangsang produksi kolagen dan elastin.

2. Zinc Glukonat
Mempercepat penyembuhan luka dan kulit, menjaga warna kulit tetap cerah dan menjaga kekencangan kulit.

3. Beta Karoten
Mengaktifkan gen antipenuaan dan menahan penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Alpha Lipolic Acid
Menahan proses penuaan dengan cara menghentikan pembentukan kerutan, dan merangsang produksi kolagen.

5. Asthin Force
Suplemen kesehatan ini mengandung Astaxanthin yang bertindak sebagai antioksidan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tubuh agar tetap sehat, dan tidak gampang sakit, mencegah kerusakan sel dan memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas, mempercepat penyembuhan jerawat dan melenturkan pembuluh darah, serta sebagai terapi anti penuaan kulit.

Sedangkan vitamin alami yang dibutuhkan tiap hari oleh tubuh agar kulit sehat adalah vitamin E, vitamin A, hingga vitamin C. Vitamin-vitamin tersebut Anda dapatkan melalui konsumsi suplemen maupun secara alami. Berikut ini sejumlah vitamin yang dapat Anda konsumsi untuk mencegah penuaan:

1. Vitamin E
Manfaat vitamin E sudah sangat dikenal untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini bisa diandalkan untuk menyembuhkan kulit yang kasar dan kering, menjaga kulit agar tetap kenyal dan lembut mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV dari matahari. Sumber utama Vitamin E dari makanan sehari-hari adalah dari minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Selain itu, vitamin E dapat diperoleh dalam jumlah kecil dari sayur dan buah, seperti brokoli, bayam, dan kacang-kacangan.

2. Vitamin A
Sesuai namanya, vitamin A adalah vitamin yang pertama kali diidentifikasi, sehingga diberi nama dari huruf pertama dalam alfabet. Vitamin ini termasuk vitamin larut lemak yang secara luas dikenal berperan penting dalam menjaga penglihatan. Namun, vitamin A juga baik untuk menjaga kesehatan kulit, sebagaimana telah banyak disebutkan dalam banyak penelitian.

Di antaranya memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan memelihara jaringan sehat, mengurangi kerutan dan garis halus, mengatasi bercak kusam pada wajah, menghaluskan kulit, dan membantu mengendalikan jerawat. Selain wortel, vitamin A secara alami dapat diperoleh melalui ikan, keju, udang, susu, dan telur.

3. Vitamin B kompleks
Vitamin ini merupakan dasar pembentuk kuku, kulit, dan sel rambut, meningkatkan kesehatan
kulit, membantu tubuh memproduksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Vitamin B3 atau niacinamide membantu mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan dan perubahan warna kulit. Sementara vitamin B-5 atau asam pantotenat membantu mengatasi jerawat dan penuaan
kulit. Vitamin ini terkandung dalam beragam jenis makanan, seperti oatmeal, beras, telur, dan pisang.

4. Vitamin C
Vitamin ini kerap kali disebut sebagai antioksidan yang sangat baik untuk memperbaiki pertumbuhan kulit, tulang, dan gigi. Ya, vitamin C tak hanya bisa bikin Anda kebal dari serangan penyakit infeksi, tapi juga baik bagi kesehatan kulit. Vitamin ini juga berfungsi mencegah penuaan dini, mengurangi kerutan di wajah, mencegah dan mengatasi kulit kering, dan membantu menyamarkan noda hitam di kulit. Kandungan vitamin C yang cukup besar dapat ditemui pada jambu biji, brokoli, paprika kuning, dan blackcurrant.

Itulah sejumlah asupan suplemen dan vitamin alami untuk membantu Anda menjalankan kebiasaan sehat sepanjang tahun 2020, sekaligus melawan proses penuan pada tubuh Anda. Dapatkan artikel kesehatan dan tips sehat lainnya secara gratis di ngovee.jovee.id.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini