News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kurangi Minum Air Dingin Bisa Bantu Para Penyanyi Jaga Kualitas Pita Suara

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beberapa penyanyi menghindari mengonsumsi minuman dingin supaya menjaga suara indah mereka dan tetap optimal walau banyak lagu yang dinyanyikan.

Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan, dr. Yonian Gentilis Kusumaasmara, Sp.THT-KL menjelaskan secara medik menghindari minuman dingin memamg ampuh menjaga pita suara.

Air dingin mudah membuat bagian pita suara kering yang menurunkan fungsi otot-otot di sekitar pita dan menjadi kaku sehingga bisa saja susah mencapai nada-nada tinggi saat bernyanyi.

"Untuk penyanyi kurangin air es, lebih baik air yang suhu ruangan karena air dingin bikin kering. Udah capek-capek pemanasan ototnya kaku lagi," ungkap dr. Yonian saat liver bersaama RS Eka Hospital, Rabu (19/8/2020).

Baca: Kasus Dugaan ART Dipaksa Tenggak Air Mendidih: Polisi Tunggu Pita Suara Korban Pulih

Pita suara harus dijaga kelembapannya terutama bagi orang-orang yang profesinya sangat mengandalkan pita suara juga untuk menghindari suara serak.

"Pita suara itu harus lembap baru dia bisa berfungsi dengan baik, kalau kering jadi jelek sekali kualitas suara yang dihasilkan," kata dr. Yonian.

Contoh penyanyi yang menghindari minum air dingin adalah Andien Aisyah, penyanyi yang berhasil mencetak banyak lagu hits seperti 'Gemintang', 'Moving On', hingga 'Jendela Waktu'.

Tidak hanya sebelum manggung, kesehariannya Andien juga tidak membiasakan diri minum air dingin dan lebih memilih minuman dengan suhu normal.

"Minum air es jarang banget karena gak punya kebiasan itu juga sih, suhu normal itu paling baik buat tenggorokan dan aku ku gak ngerokok," ungkap Andien saat live instagram bersama @FitWithTheRealFood beberapa waktu lalu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini