News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kembangkan Kearifan Lokal dalam Praktik Kebidanan, Upaya Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Penulis: Willem Jonata
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Martha Tilaar Group dengan Akademi Kebidanan RSPAD Gatot Soebroto di Griya Cipta Wanita PT Martina Berto, Tbk.

TRIBUNNEWS.COM - Bidan profesional diharapkan mampu menjadi pendamping perempuan yang memahami masalah fisiologis dan psikologis, dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Karena tuntutan itu, Akademi Kebidanan RSPAD Gatot Soebroto, yang saat ini sudah bertransformasi menjadi STIKES RSPAD Gatot Soebroto, bekerja sama dengan Martha Tilaar Group (MTG).

Tim MTG dan tim STIKES RSPAD Gatot Soebroto berkolaborasi merumuskan kurikulum komplementer treatment Prodi S1 Kebidanan.

Baca juga: Manfaat Susu Ibu Hamil untuk Mengurangi Mual di Awal Kehamilan

Tak hanya itu, Tim Kampoeng Djamoe Organik (KaDO) di bawah MTG memfasilitasi taman herbal di lingkungan kampus STIKES.

Tenaga-tenaga ahli berpengalaman dari MTG juga akan berbagi ilmu dan pengalaman di bidang jamu, massage, dan obat-obatan herbal kepada mahasiswi STIKES RSPAD Gatot Soebroto.

Direktur Akademi Kebidanan RSPAD Gatot Soebroto Ns. Laurentia Dewi F, M.Kep mengungkapkan tujuan utama dari kerja sama itu adalah untuk meningkatkan kompetensi dan pengembangan ilmu kebidanan komplementer.

Baca juga: Jangan Takut, Dimasa Pandemi Covid-19 Ibu Hamil Harus Tetap Periksa Kandungan Minimal 6 Kali

Ia melihat MTG konsisten sejak 50 tahun lalu memproduksi produk kosmetik yang natural dan halal, serta memiliki layanan spa terkemuka dan Kampoeng Djamoe Organik (KaDO), sebagai mitra yang tepat.

Kerja sama ini dinilai sangat penting untuk menyinergikan visi dan misi dalam tujuan memajukan pendidikan kebidanan di Indonesia.

Target lulusan profesi bidan STIKES RSPAD Gatot Soebroto sendiri adalah mencetak bidan milenial profesional yang mampu praktik mandiri.

Tentunya menerapkan asuhan kebidanan inovatif dengan mengangkat kearifan lokal yang berjiwa entrepreneur.

Oleh karena itu, diharapkan kerja sama ini dapat memaksimalkan potensi untuk saling melengkapi dan mengembangkan kearifan lokal terkait praktik kebidanan.

Penandatanganan kerjasama itu diwakili oleh Bryan Tilaar, Direktur Utama PT Martina Berto, Tbk dan Letnan Kolonel Ckm (K) sekaligus Direktur Akademi Kebidanan RSPAD Gatot Soebroto, Ns. Laurentia Dewi F, M.Kep di Griya Cipta Wanita PT Martina Berto, Tbk.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. (HC) Martha Tilaar, Founder & Chairwoman MTG menyatakan rasa syukur atas kerja sama yang terjalin.

”Terima kasih sebesarnya atas kesempatan yang diberikan Akademi Kebidanan RSPAD Jakarta kepada Martha Tilaar Group melalui unit bisnisnya PT Martina Berto,Tbk untuk bekerja sama dan memberikan sumbangsih kami berupa expertise dan pengalaman kami di bidang tanaman obat Indonesia, serta pengetahuan yang memperkuat keilmuan dari para mahasiswa kebidanan,” ucapnya.

Bryan Tilaar berharap kerja sama dengan Akademi Kebidanan RSPAD Gatot Soebroto dapat semakin pererat hubungan antara kedua belah pihak, membuka peluang kerja sama yang lebih luas dan bermanfaat.

“Kerja sama ini sejalan dengan salah satu pilar MTG yaitu Beauty Education yang merupakan kontribusi nyata dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui ilmu pengetahuan yang kami geluti dalam industri kecantikan, spa, dan jamu,” terangnya.

Ia juga berharap kerja sama yang terjalin dapat memajukan pendidikan di Indonesia, berbasis pada pendekatan sains, profesionalisme profesi yang tinggi dengan berciri kearifan budaya bangsa.

Tentu saja juga memaksimalkan potensi yang dimiliki semua pihak yang terlibat agar dapat saling melengkapi (sarana prasarana, Sumber Daya Manusia, pengetahuan dan network).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini