News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kelainan Syaraf Trigeminal Neuralgia, Timbulkan Nyeri Hebat seperti Tertusuk di Satu Sisi Wajah

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi otak manusia

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tak banyak orang mengetahui apa itu penyakit Trigeminal Neuralgia. Namun, nyatanya banyak ditemukan di lapangan.

Pada otak manusia, terdapat 12 pasang syaraf. Salah satunya adalah syaraf trigelminal atau syaraf kelima dari otak. Syaraf kelima ini menghubungkan otak ke wajah kita.

Ia juga berfungsi untuk mengatur fungsi sensorik pada manusia. Menurut dr. Astryanovita Sp s, kelainan dari syaraf itu disebut sebagai Trigeminal Neuralgia.

Saat mengalami ini, pasien akan merasa nyeri hebat. Seakan tertusuk dan terbakar pada satu sisi wajah sesuai distribusi syaraf trigeminal.

Baca juga: Nyeri Akibat Kelainan Saraf Trigeminal Neuralgia, Ketahui Penyebab dan Metode Penyembuhannya

Durasi bisa sampai beberapa detik atau menit. Tapi nyerinya itu sangat tajam dan membuat menderita. Faktor risiko dari gangguan ini disebabkan adanya gangguan syaraf trigeminal.

"Ada kompresi atau tekanan terhadap syaraf itu. Atau ada tumor, infeksi yang menyebabkan syaraf tertekan. Selain itu juga karena ada trauma sehigga menyebabkan keluhan nyeri tersebut," ungkapnya pada siaran Radio Kesehatan, dikutip Tribunnews Jumat (10/12/2021).

Pada dasarnya, semua orang rentan bisa terkena gangguan tersebut. Namun untuk kisaran usia kata dr Astryanovita adalah usia 40-70 tahun. Puncaknya pada usia 50-70. Sampai saat ini, penderita berasal dari perempuan. Tapi belum diketahui alasannya.

"Kenapa di usia tua? Biasanya di usia tua pembuluh darah udah kaku, berkelok kelok itu bisa menyebabkan komperasi atau tekanan terhadap syaraf trigeminal,x paparnya dr Astryanovita lagi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini