News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

RSPAD Gatot Soebroto Terima 10 Ribu Alat Tes Antigen dari NeoMed

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

RSPAD Gatot Soebroto Terima 10 Ribu Alat Tes Antigen dari NeoMed

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah Pusat Kesehatan TNI AD (Puskesad), kini giliran RSPAD Gatot Subroto mendapat bantuan alat tes rapid antigen Covid-19 dari PT PT Neo Sarana Medika (NeoMed).

Kali ini 10 ribu alat tes rapid antigen Covid-19 diserahkan NeoMed dalam upayanya membantu menghadapi pandemi Covid-19.

Bantuan secara simbolis diserahkan langsung Direktur Utama NeoMed, Vicky Wirontono Susenio kepada Kepala Rumah Sakit RSPAD Gatot Soebroto, Letjen TNI dr.A.Budi Sulistya, Sp.THT-KL., M.A.R.S.

“Ini sangat bermanfaat sekali, kami sangat berterima kasih atas atensi dedikasi dan donasi alat test antigen ini dan ini produk Indonesia. Bersyukur kita bisa memproduksi rapid antigen dalam negeri,” ungkap Letjen TNI dr Budi Sulistya di RSPAD Gatot Soebroto.

Menurutnya, saat ini RSPAD masih memiliki stok 20 ribu alat tes antigen, namun kebutuhan akan alat tes antigen ini akan tetap meningkat harus memisahkan kasus negatif dan positif Covid-19.

“Nantinya alat tes antigen ini akan digunakan untuk secara gratis untuk skrining tenaga kesehatan dan juga untuk para penunggu pasen,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama NeoMed, Vicky Wirontono Susenio menjelaskan, pihaknya sudah memberikan sumbangan alat test antigen sejak awal pandemi Covid-19 di 2020 ke Provinsi Jawa Timur dan juga ke BNPB.

“Dari awal Covid, NeoMed pernah memberikan bantuan ke ke Jawa Timur lewat Gubernur Khofifah dan juga BNPB,” jelasnya.

Selama dua bulan terakhir, NeoMed juga telah menyalurkan bantuan alat tes antigen dan peralatan medis lainnya senilai Rp20 miliar ke berbagai daerah di Indonesia.

Terkait apakah alat tes antigen yang disumbangkan ini juga bisa mendeteksi Covid-19 varian Omicron, Vicky menjelaskan, saat diujicobakan di China dan beberapa negara Asia Tenggara, produk alat tes antigen yang disumbangkan bisa mendeteksi varian Omicron, namun masih harus melalui penelitian yang lebih mendalam.

“Kita telah lakukan uji klinis di China maupun beberapa tempat di Asia Tenggara, kita sudah kirimkan sampel-sampel dan itu bisa mendeteksi Omicron. Hanya kita masih akan melakukan lagi uji klinis lagi dengan sampel yang lebih banyak,” jelasnya seraya menyebut jika produk NeoMed yang disumbangkan ini merupakan produk alat tes antigen yang memiliki sertifikasi halal dari MUI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini