News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Waspada Polusi Udara, Bisa Berdampak terhadap Kesehatan Mata!

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bagaimana caranya mencegah polutan akibat polusi udara langsung masuk ke mata.

TRIBUNNEWS.COM - Polusi udara telah menjadi persoalan serius di berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, semakin hari, polusi udara di sejumlah kota Indonesia semakin meningkat dan tentunya ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama untuk mata. 

Polusi udara bisa dibilang merupakan udara yang terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya yang mengancam keseharian masyarakat. Polusi udara sendiri disebabkan beberapa faktor, mulai dari partikel debu atau asap kendaraan bermotor yang menumpuk, aktivitas gunung berapi, kebakaran hutan hingga kegiatan pabrik. 

Jika polusi udara terus meningkat, jelas ini akan berbahaya bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Karena, polusi udara bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa organ penting, seperti paru-paru, jantung, hingga risiko gangguan kehamilan pada ibu hamil.

Baca juga: Polusi Rentan Bikin Mata Rusak, Lakukan 4 Tips Ini untuk Jaga Kesehatan Mata

Ternyata selain menyebabkan kerusakan pada organ-organ penting, polusi udara juga bisa berdampak buruk pada kesehatan mata akibat polutan yang langsung terpapar masuk ke dalam mata, lho. 

Apa saja dampak-dampak yang dapat terjadi pada kesehatan mata yang diakibatkan polusi udara? Berikut sederet gangguan mata akibat polusi udara:

1. Mata Kering

Yang paling sering terjadi ketika paparan polutan langsung masuk ke dalam mata adalah mata kering. Ini merupakan kondisi di mana mata tidak mampu memproduksi air mata berkualitas yang berfungsi untuk melembabkan dan menyehatkan mata. 

Biasanya ketika kamu mengalami mata kering, akan muncul rasa gatal dan juga sensasi panas di dalam mata. Sering merasakannya, kan?

Baca juga: Dampak Polusi Udara dan Orang yang Berisiko Alami Gangguan Kesehatan

2. Konjungtivitis

Dampak buruk polusi udara untuk mata yang selanjutnya adalah konjungtivitis. Seringnya, konjungtivitis disebabkan infeksi virus atau bakteri, tapi debu dan polusi juga bisa menyebabkan gangguan mata satu ini. 

Konjungtivitis merupakan radang mata konjungtiva yang membuat mata sangat merah, hingga parahnya, kelopak mata ikut membengkak. 

3. Glaukoma bisa menyebabkan kebutaan

Membiarkan area mata terlalu sering terpapar polusi udara dapat membuat infeksi dan iritasi mata. Bahkan tidak jarang yang berakhir dengan penyakit mata serius seperti glaukoma hingga katarak. 

Glaukoma misalnya, ternyata menurut studi dari UCL, disebabkan oleh polusi udara karena partikulat yang mungkin memiliki efek toksik yang bisa merusak sistem saraf dan berkontribusi terhadap peradangan pada mata. 

Masih dari sumber yang sama, glaukoma akibat polusi udara jika tidak dicegah dan diobati dengan serius, dapat menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan bahaya polusi udara pada mata. 

https://asset-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/originals/insto-cool-adv.jpg

Jaga mata dari polusi udara

Polusi udara memang sulit untuk dihindari, terutama jika kamu sering beraktivitas keluar rumah. Untuk itu, ada baiknya jika kamu memiliki pengetahuan tentang bagaimana caranya mencegah polutan akibat polusi udara langsung masuk ke mata. 

Salah satunya adalah menggunakan kacamata pelindung. Kemudian, hindari kebiasaan mengucek mata yang memperparah iritasi. Yang tak kalah penting, selalu siap sedia obat tetes mata ke mana pun kamu pergi. 

Kamu dapat mengatasi iritasi mata dan meredakan mata merah dengan sensasi dingin serta praktis untuk dibawa ke mana saja dengan obat tetes mata.

Tidak hanya meredakan mata merah, sensasi dingin pada obat tetes mata juga mampu menjaga kelembaban mata sekaligus menyegarkan mata sehingga polutan dari polusi udara tidak lagi menempel. 

Baca juga: WFH dan Sekolah dari Rumah, Efektifkah Kurangi Dampak Polusi Udara di Jakarta? Begini Kata Dokter

Selain itu, kemasan ekonomis pada obat tetes mata ini menjadi solusi praktis bisa kamu pakai kapanpun dan di manapun. 

Sekarang kamu punya senjata untuk menjaga mata tetap sehat dan segar di tengah-tengah polusi udara yang makin parah. Tidak lain tidak bukan atasi iritasi mata dengan obat tetes mata!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini