News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perubahan Cuaca Bikin Rentan Sakit, Masyarakat Diajak Olahraga dan Jalani Gaya Hidup Sehat

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktivitas senam sehat, salah satu kegiatan PRUActive Community di car fre day

Laporan Wartawan Tribunnews.com Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  – Perubahan cuaca membuat masyarakat rentan sakit. Karena itu, gaya hidup sehat perlu terus didorong di masyarakat antara lain dengan rutin beraktivitas fisik seperti olahraga dan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2022 menyatakan, gaya hidup sedentari atau gaya hidup di mana seseorang minim melakukan aktivitas fisik atau menggerakkan tubuhnya merupakan salah satu penyebab obesitas.

Dalam jangka waktu panjang, obesitas dapat meningkatkan risiko 2 kali lipat terjadinya berbagai masalah kesehatan serius serta penyakit kritis seperti serangan jantung koroner, stroke, diabetes melitus, dan hipertensi.

Kementerian Kesehatan RI juga merilis hasil penelitian Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023. Riset tersebut memetakan berbagai indikator kesehatan pada masyarakat, salah satunya adalah prevalensi obesitas.

"Apalagi semakin bertambahnya usia, maka akan terjadi banyak penyesuaian terhadap tubuh termasuk sistem metabolisme yang akan menurun," ungkap Karin Zulkarnaen, Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia dikutip Rabu, 31 Juli 2024.

Baca juga: Premi Baru Prudential Indonesia dan Syariah Tumbuh 15 Persen di 2023

Karena itu, pihaknya berinisiatif menyelenggarakan PRUActive Community untuk meningkatkan kesadaran bagi masyarakat tentang pentingnya menjalani hidup aktif dengan terus berolahraga.

Di kegiatan ini, peserta dapat melihat secara langsung perkembangan kesehatan tubuhnya selama mengikuti berbagai kegiatan dengan 3 jenis pengukuran bagi para peserta, yaitu pertama, consistency.

Kedua, improvement (peserta berhasil menunjukan perkembangan kebugaran tubuh yang diukur dengan BMI), yang mana BMI normal berada pada kisaran 18,5-25, untuk BMI melebihi angka 25 maka tergolong memiliki berat badan berlebih dan jika BMI 30 atau lebih maka tergolong kategori obesitas, atau memiliki risiko kesehatan tinggi.

Setiap peserta juga dipantau perkembangan kesehatannya oleh tim fitness expert dari RoccaSpace, serta mendapatkan sesi konsultasi kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Salah satu peserta, Trisna Okta Fatrina mengaku menjadi semakin tertarik berolahraga setelah mengikuti program ini. Dengan konsisten mengikuti berbagai kelas 3 kali dalam seminggu dia bisa menurunkan berat badan hingga 4 kg.

Karin menambahkan di program ini pihaknya memberikan apresiasi bagi peserta yang berhasil secara konsisten mengikuti kelas-kelas yang diselenggarakan dan menjalani gaya hidup sehat selama 10 mingg dengan hadiah total Rp100 juta.

"Apa yang kami lakukan melalui PRUActive Community ini adalah upaya kami dalam turut mendukung program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dari Kementerian Kesehatan RI," ungkapnya.

Sejak 19 Mei - 28 Juli 2024, ini sudah diikuti 7.067 peserta di Jabodetabek melalui 250 pilihan kelas olahraga bersama kelas komunitas serta studio-studio di Jabodetabek.

Program serupa akan diselenggarakan di Oktober-November 2024 dengan sasaran 7.000 peserta di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini