News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Disebut ‘Agenda Asing” di Debat Perdana Cagub DKI Jakarta, Ini Kilas Balik Pandemi Covid-19

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi virus corona. Pandemi covid-19 disebut sebagai agenda asing saat debat perdana cagub DKI Jakarta 2024 akhir pekan tadi. Berikut kilas balik pandemi covid-19.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA – Keriuhan tercipta pasca calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongkerun menyebut pandemi Covid-19 sebagai agenda asing.

Dalam debat perdana yang berlangsung Minggu malam (7/10/2024), calon independent itu mengungkapkan, Covid-19 adalah upaya asing untuk mengambil alih kedaulatan bangsa.

Baca juga: Saat Suara Dharma Pongrekun Meninggi Jawab Pertanyaan RK Soal Covid-19 di Debat Pilgub Jakarta 2024

“Saya paham betul tentang pandemi. Pandemi ini adalah agenda terselubung dari asing untuk mengambil alih kedaulatan negara, sehingga terlihat sekali begitu rapuhnya bangsa ini,” ujar Dharma.

Lalu bagaimana sebenarnya pandemi Covid-19 bermula?

Berikut kilas balik pandemi covid-19 seperti dikutip dari organisasi kesehatan dunia atau WHO.

Baca juga: WHO Perbarui Daftar Patogen yang Berpotensi Jadi Pandemi

Diawali dengan kejadian pada 31 Desember 2019

Komisi Kesehatan Kota Wuhan, China, melaporkan adanya cluster kasus pneumonia di Wuhan, Provinsi Hubei. Virus corona baru akhirnya teridentifikasi.

Saat ini atau di pertengahan Desember 2020, ada sekelompok pasien di Provinsi Hubei, Tiongkok, di kota Wuhan, mulai mengalami gejala penyakit mirip pneumonia atipikal yang tidak memberikan respons yang baik terhadap pengobatan standar.

WHO lalu menerbitkan berita wabah penyakit pada 5 Januari 2020. Laporan tersebut berisi penilaian risiko dan saran, serta melaporkan apa yang telah terjadi di Tiongkok mengenai kasus pneumonia di Wuhan.

5 hari kemudian atau 10 Januari 2020, WHO mengeluarkan paket panduan teknis online tentang cara mendeteksi, menguji, dan menangani kasus-kasus potensial tentang virus tersebut.

Berdasarkan pengalaman dengan SARS dan MERS serta cara penularan virus pernapasan yang diketahui, pedoman pengendalian infeksi dan pencegahan diterbitkan untuk melindungi petugas kesehatan saat kontak ketika merawat pasien, dan tindakan pencegahan melalui udara dan droplet.

Tim WHO pun mengidentifikasi urutan virus tersebut.

Tak lama berselang atau pada 13 Januari 2020, pejabat Thailand mengkonfirmasi adanya kasus Covid-19 di Thailand, kasus pertama yang tercatat di luar Tiongkok. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini