News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Apresiasi Hajatan Betawi 2023, HNW Ingin Masyarakat Tetap Rukun dan Harmonis

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid hadir dalam pembukaan Hajatan Betawi IV Tahun 2023 di Universitas As-Syafi’iyah Pondok Gede, Bekasi, Sabtu (16/9/2023).

TRIBUNNEWS.COM - Universitas As-Syafi’iyah menyajikan beberapa pertunjukan seni khas Betawi, serta berbagai makanan dan minuman tradisional dalam rangkaian acara 'Hajatan Betawi IV Tahun 2023’ di Pondok Gede, Bekasi, pada Sabtu (16/9/2023).

Tak hanya itu, di kampus yang berlokasi di Jl. Raya Jatiwaringin No. 11 itu juga menggelar berbagai perlombaan bahkan hingga khitanan massal. Guna memeriahkan acara tersebut, terdapat pula hiburan berupa parade ondel-ondel dan drum band. Hajatan Betawi merupakan festival budaya Betawi yang digelar secara rutin setiap tahunnya, meski pernah terhenti karena pandemi Covid-19.

Pada Pembukaan Hajatan Betawi IV tahun ini, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid tampak hadir dalam acara tersebut. Ia mengapresiasi budaya Betawi dengan ikut menyampaikan pantun.

Baca juga: Bertemu Warga Desa Bantarbarang Purbalingga, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Pengembangan Desa Wisata

“Kita ikut bersyukur dan mendoakan acara ini membawa berkah selain bagi warga Betawi tapi juga bagi kita semua warga Indonesia,” kata HNW.
 
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menuturkan lewat hajatan ini, warga Betawi menghidupkan dan menghidup hidupi budaya warisan leluhur. Hal demikian ia rasa penting sebab selain untuk menjaga jati diri bangsa juga untuk menegaskan kembali bahwa kita adalah bangsa yang berbudaya luhur.
 
Menurut alumni Pondok Pesantren Gontor yang juga tercatat sebagai Dosen Pascasarjana di Universitas AasSyafiiyyah itu, warga dan budaya Betawi sangat dikenal dengan toleransi, terbuka, keramahan, dan kemampuannya memberi solusi. Kebiasaan tersebut selalu dan sangat dipentingkan, apalagi untuk menghadapi tahun politik yang dipenuhi dengan kekhawatiran terjadinya pengkotakan dan penyebaran hoaks, serta budaya lainnya yang bisa merusak harmoni dan toleransi lainnya.

Baca juga: Kritisi Usulan BNPT Terkait Rumah Ibadah Dikontrol Pemerintah, HNW: Taati Konstitusi

Dengan terus menghadirkan gelaran publik yang mengingatkan prinsip kita sebagai warga yang berbudaya, HNW berharap pemilu yang digelar beberapa bulan yang akan datang akan benar-benar terselenggara secara terhormat dan bermartabat. Sikap saling hormat menghormati ini menurut HNW membuat bangsa Indonesia bisa bersatu padu.

“Suatu sikap yang positif yang perlu terus dijaga dan dikembangakan. Dengan spirit ini, hendaknya seluruh yang terkait dengan Pemilu baik proses maupun hasilnya, dapat betul-betul hadirkan budaya bangsa yang unggulan, bahkan makin bisa menguatkan komitmen kita bersama mewujudkan cita-cita sebagai proklamasi dan reformasi dalam bingkai NKRI,” pungkasnya. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini