News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dialog dan Simulasi Makan Bergizi Gratis, Ahmad Muzani: Mereka akan Menjadi Generasi Berkualitas

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani.

TRIBUNNEWS.COM, BATANG - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengajak dialog enam anak perwakilan dari 3.000 siswa SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Batang, peserta Simulasi Makan Bergizi Gratis, di lapangan Dracik, Proyonanggan Selatan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (18/9/2024).

Dalam dialog tersebut, Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo - Gibran ini mengagumi pengetahuan beberapa siswa tentang program Makan Bergizi Gratis, yang merupakan salah satu program unggulan Presiden terpilih di Pemilu 2024 Prabowo Subianto.

Di momen itu pula, diketahui sebagian siswa tidak rutin mengkonsumsi makanan bergizi terutama susu.  "Memang dari data sementara, Indonesia adalah negara yang konsumsi minum susunya terendah di Asia Tenggara," katanya, kepada awak media usai acara.

Baca juga: Muktamar VII KBPII, Ahmad Muzani: Kesadaran Menjadi Pemimpin Harus Dibuka Luas

Dari situlah, lanjut Sekjen Partai Gerindra ini, menunjukkan bahwa bangsa ini harus mengantisipasi sejak awal agar kekurangan  gizi tidak menghinggapi anak-anak di kemudian hari. 

Diungkapkan Ahmad Muzani, Makan Bergizi Gratis untuk siswa SMA, SMP, SD dan TK termasuk madrasah dan pondok pesantren di seluruh Indonesia, adalah salah satu program prioritas dari pemerintahan Prabowo - Gibran. Pelaksanaan program ini nantinya, akan diumumkan langsung oleh Prabowo Subianto setelah dilantik menjadi Presiden RI termasuk mekanisme dan tata cara pelaksanaannya.

Menurut Ahmad Muzani pelaksanaan program ini sangat luarbiasa, butuh konsentrasi dan sinergitas solid semua pihak yang terlibat. Karena, jumlah anak yang akan diberikan program Makan Bergizi Gratis tersebut setiap hari, berjumlah 80 juta lebih anak Indonesia.

"Untuk sekarang ini, Prabowo-Gibran sedang berkonsentrasi menghadapi prosesi pelantikan bersama dengan Pimpinan MPR RI, yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2024.  Setelah itu sebagai Presiden RI, Prabowo Subianto akan mengumumkan kabinet lalu melantik.  Kemudian beliau akan mengumumkan beberapa program prioritas dalam pemerintahan Prabowo -Gibran. Salah satunya Makan Bergizi Gratis," terangnya.

Baca juga: Terima Penghargaan Bintang Mahaputera dari Jokowi, Ahmad Muzani: Sebuah Kehormatan Sekaligus Amanah

Ditegaskan Ahmad Muzani, Prabowo Subianto sendiri sangat menginginkan program Makan Bergizi Gratis sukses dan lancar, serta memberikan dampak yang berarti bagi pertumbuhan tubuh dan kecerdasan anak serta bagi perekonomian rakyat.  

Dengan gizi yang memadai, maka anak-anak Indonesia saat ini, di masa depan akan menjadi SDM berkualitas yang akan mampu mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

"Untuk itulah, saya sangat mengapresiasi kegiatan Simulasi Makan Bergizi Gratis yang diinisiasi Repro Mandiri 08 ini, yang secara ikhlas dan suka rela menyelenggarakannya," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasinya atas nama pemerintah Kabupaten dan rakyat Batang.

"Simulasi ini membuktikan bahwa program  itu sangat peduli kepada pelajar di Indonesia, tidak terkecuali para pelajar yang ada di Batang ini. Program ini nantinya, manfaatnya sangat besar sekali. Yakni, bisa meningkatkan kesehatan para pelajar karena makanan yang diberikan tidak hanya sekedar makan kenyang saja, tapi makanan yang benar-benar bergizi lengkap yang sudah melalui penelitian serta analisa yang ketat oleh ahli gizi," katanya.

Pj Bupati Batang berharap, acara pemberian makan bergizi gratis bersama 3000 siswa pada hari ini, bisa memberikan manfaat kepada semuanya.

Acara yang juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Batang, Ketum Repro Mandiri Rahman Fajriansyah serta para Kepala Sekolah dan guru pendamping para siswa peserta simulasi ini berjalan lancar.  Di sesi akhir, Ahmad Muzani didaulat memberikan secara simbolik paket Makan Bergizi Gratis kepada perwakilan peserta serta dilanjutkan dengan makan bersama seluruh siswa peserta.

Baca juga: Ahmad Muzani Dorong Kader, Alumni PII, dan Masyarakat Bergerak Bersama Bangun Optimisme

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini