News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lestari Moerdijat Sebut Peningkatan Minat Wisata Halal Harus Diantisipasi dengan Langkah yang Tepat

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat

TRIBUNNEWS.COM - Peluang dalam sektor pariwisata halal harus dimanfaatkan secara optimal dengan perencanaan yang matang sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia.

"Berbagai peluang yang ada di sektor pariwisata harus mampu dimanfaatkan dengan baik, tentu saja melalui perencanaan dan langkah yang tepat, termasuk pada wisata halal yang banyak peminatnya," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/7).

Berdasarkan laporan Global Muslim Travel Index 2023, diperkirakan terjadi peningkatan 2,3 juta wisatawan muslim hingga tahun 2030.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun ini menargetkan 17 juta kedatangan wisatawan mancanegara (Wisman). Sepanjang 2023 tercatat 11,68 juta kunjungan Wisman.

Menurut Lestari, target kedatangan wisatawan mancanegara yang lebih tinggi dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu harus ditanggapi dengan berbagai langkah produktif untuk mewujudkannya.

Pariwisata halal yang mulai dilirik wisatawan mancanegara, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, merupakan peluang yang harus segera ditangkap.

Baca juga: Lestari Moerdijat Tekankan Pentingnya Kesehatan Mental Generasi Muda dalam Proses Pembangunan Bangsa

Posisi Indonesia sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, tambah Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan peminat wisata halal.

Pengenalan dari sisi budaya, kesenian, kuliner khas dan produk kerajinan khas Nusantara, jelas Rerie, juga harus konsisten dilakukan, sehingga sektor pariwisata dapat sekaligus menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah di Indonesia.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem tersebut mengajak para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah untuk bersama-sama mendukung berbagai upaya dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan pasar, seperti wisata halal.  (*)

Baca juga: Lestari Moerdijat Ajak Masyarakat Wujudkan Pola Hidup Sehat Demi Masa Depan Bangsa yang Lebih Baik

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini