News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kunjungi Papua Selatan, Mentan Amran Komitmen Kawal Tanaman Pangan Warga di Kampung Wanam Merauke

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat mengunjungi Kampung Wanam di Distrik Ilwayab, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Sabtu (12/10/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengunjungi Kampung Wanam di Distrik Ilwayab, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Sabtu (12/10/2024). Dalam kunjungannya tersebut, Mentan Amran menyampaikan komitmennya dalam mengawal produksi tanaman pangan warga setempat. 

Dalam kunjungannya itu, Mentan Amran juga menyalurkan berbagai jenis benih untuk warga. Hal ini guna meningkatkan produksi pertanian lokal dan mendukung kesejahteraan petani. 

Dalam dialognya bersama masyarakat Kampung Wanam, Mentan Amran mengatakan dirinya berkomitmen untuk memenuhi seluruh permintaan masyarakat, termasuk traktor, cultivator, dan pompa air, yang akan segera dikirimkan.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menanam semua benih yang diberikan dan mendukung upaya pembukaan lahan sawah demi kepentingan bersama.

“Tanam padi didukung ya. Kita kawal berikan alat mesin pertanian nanti. sebelum saya datang kemarin, tim saya kami sudah kirim,” ungkap Mentan Amran.

Baca juga: Alat Pertanian Terpenuhi, Petani Muda Asli Papua Bahagia Kementan Respon Cepat Olah Lahan di Merauke

Mentan Amran juga merespons keluhan warga yang kesulitan menjual hasil panen sayuran dan hasil laut. Meskipun mereka sudah terbiasa menanam sayuran, seringkali hasil panen yang mencukupi kebutuhan sendiri tidak dapat terjual. 

“Tolong dibantu dijaga jangan dikasih saja terus dilepas. Saya minta pengawalannya sampai selesai padi pun begitu. Tolong setelah sudah ada program ini dikawal sampai selesai ,” kata Joni Bilukande, warga kampung setempat.

Mentan Amran menjawab bahwa dirinya akan meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk hadir dalam menyerap sayuran dari masyarakat setempat. Selain itu, Mentan Amran juga menyoroti pentingnya menyiapkan transportasi untuk pemasaran hasil panen, termasuk menjajaki peluang menjual sayuran ke pulau-pulau terdekat yang masih membutuhkan pasokan.

Mewakili masyarakat lokal, Petrus Paulus Wabaya, Plt. Kepala Distrik Ilwayab, mengungkapkan harapan agar pelibatan masyarakat dalam pertanian modern dapat menjadi penggerak ekonomi di Papua Selatan. Dia mengatakan, Distrik ilwayab mempunyai empat kampung yakni Wanam, Wogikel, Uli uli dan Bibikem.

Benih dan perlengkapan pertanian yang dibagikan pada acara itu antara lain 400 bibit cabai seedling, 7 paket plastik polybag, 5 dus (700 sachet) benih biji sachet, termasuk cabai, tomat, bayam, terong, jagung manis, kacang panjang, dan kangkung.

Baca juga: Optimasi Lahan Kementan Berbuah Hasil, Masyarakat Merauke Panen Raya Padi Seluas 14.000 Hektar 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini