News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Nilai dan Semangat Sumpah Pemuda Harus Mampu Diamalkan Generasi Penerus Bangsa

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat melepas jalan sehat Indonesia Goes Pink bertema Celebrating Life Above and Beyond yang diikuti sejumlah komunitas para penyintas dan penderita kanker serta masyarakat, di kawasan Jl Thamrin, Minggu (27/10). 

 

TRIBUNNEWS.COM - Nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda harus mampu diamalkan oleh generasi penerus bangsa sebagai bagian proses pembangunan sumber daya manusia (SDM) nasional yang berdaya saing di masa depan.

"Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam peristiwa Sumpah Pemuda seperti antara lain cinta tanah air, persatuan, rela berkorban demi kepentingan bangsa, dan gotong royong," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/10), dalam rangka Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober. 

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96  tahun ini mengusung tema Maju Bersama Indonesia Raya. Realisasi dari tema tersebut  menuntut komitmen pemuda untuk membangun kolaborasi yang kuat demi kemajuan bangsa. 

Semangat dan nilai-nilai peristiwa Sumpah Pemuda, menurut Lestari, merupakan modal dasar untuk memperkuat komitmen anak bangsa untuk terlibat aktif dalam proses pembangunan. 

Upaya menanamkan nilai dan semangat Sumpah Pemuda kepada generasi muda, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, harus menjadi kepedulian para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah.

Baca juga: Wakil Ketua MPR Eddy Soeparno: Teknologi Mengubah Wajah Sektor Pendidikan

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, sebagai pemegang tongkat estafet pembangunan, peran aktif generasi muda sangat signifikan di masa depan. 

Sehingga, tegas Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI, momentum peringatan Sumpah Pemuda bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memastikan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya mampu dipahami dan diamalkan generasi muda. 

Apalagi, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, catatan Komisi Pemilihan Umum 56,45 persen jumlah pemilih tetap pada Pemilu 2024 adalah generasi milenial dan generasi Z. 

Menurut Rerie, dengan jumlah populasi yang signifikan itu semakin memperkuat peran generasi muda dalam menentukan arah pembangunan bangsa di masa depan.

Rerie sangat berharap peran aktif generasi muda dalam setiap proses pembangunan dapat terus ditingkatkan sebagai bagian proses pembangunan SDM nasional yang lebih baik di masa depan. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini