News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dorong Produk UMKM Tembus Pasar Global, JITEX 2024 Sukses Capai Transaksi Rp12,86 Triliun

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengunjung mendatangi stand UMKM di JITEX 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Jakarta International Investment, Trade, Tourism, Small and Medium Enterprise Expo (JITEX) 2024 telah sukses digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, pada 7-11 Agustus 2024. Menyajikan beragam produk unggulan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di Jakarta serta sejumlah provinsi lain, pameran ini berhasil mencapai target transaksi dan investasi sebesar Rp12,86 triliun.

Pada JITEX 2024 ini, terdapat 335 tenant produk UMKM Jakarta yang berpameran. Secara B2B, mereka berhasil meraup nilai transaksi sebesar Rp1.540.501.783. Selama lima hari penyelenggaraannya, jumlah pengunjung JITEX 2024 mencapai 11.310 orang. Kemudian, jumlah buyer dan investor terdiri dari 258 orang yang berasal dari sepuluh negara, yaitu Indonesia, India, Malaysia, Laos, Polandia, Hong Kong, Filipina, Tiongkok, Australia, serta Selandia Baru.

Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap, JITEX dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahun. Sebab, ajang ini dapat membuka kesempatan bagi UMKM untuk naik kelas dan menembus pasar internasional.

Baca juga: Pj. Gubernur Heru Dukung Jakarta sebagai Destinasi MICE Berskala Global

“Kita harus bangga, karena produk UMKM kita tidak kalah bagus, tidak kalah baik, tidak kalah kualitasnya. Maka, dengan JITEX ini, bisa bertambah, bisa mancanegara ini memperhatikan kita untuk melakukan transaksi,” ujar Heru.

Ia pun menegaskan, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk menjadikan Jakarta sebagai salah satu competitive global city melalui penyelenggaraan Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions (MICE) berskala internasional. Langkah ini diharapkan dapat memberi dampak simultan terhadap berbagai aspek pembangunan ekonomi Jakarta pada kemudian hari.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati mengapresiasi seluruh pihak terkait, seperti Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), kementerian dan lembaga, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia, KBRI Manila, buyer dan investor, serta para stakeholder lain, sehingga JITEX 2024 dapat terselenggara dengan baik.

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih atas sinergi dari seluruh pihak dalam mendukung suksesnya rangkaian penyelenggaraan JITEX 2024. Berkat kerja sama yang luar biasa ini, kita berhasil mewujudkan total potensial nilai transaksi dan investasi B2B (Business to Business) sebesar Rp12,86 triliun,” katanya.

Baca juga: Selenggarakan JITEX, Pj. Gubernur Heru Budi Dukung UMKM Jakarta Naik Kelas

Menurut Sri, kesuksesan ini tak lepas dari peran para stakeholder dalam menghadirkan buyers atau pembeli yang luar biasa dan menghasilkan kerja sama bisnis dengan para exhibitor terpilih. Sri berharap pula, keberhasilan tersebut dapat menciptakan interaksi bisnis yang lebih baik ke depan.

“Kami berharap, pada kesempatan mendatang kami dapat menyajikan lebih banyak exhibitor, buyers, asosiasi, serta integrasi program investasi, perdagangan, kepariwisataan, dan pemberdayaan UMKM yang lebih konklusif, masif, dan inovatif,” tuturnya.

Sri juga mengemukakan, harapan seluruh pihak yang telah terlibat pada JITEX 2024 ini dapat kembali menjadi bagian dari penyelenggaraan agenda acara berikutnya. Hal ini sejalan dengan harapan Pj. Gubernur Heru, agar pameran JITEX dapat terselenggara kembali pada 2025 mendatang.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada HIPPINDO yang telah berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menyukseskan acara ini. Tahun depan kita mulai lagi,” imbuhnya.(*)

Baca juga: Hadirkan Kesetaraan di Jakarta, Pj. Gubernur Heru Budi Dukung Kebutuhan Bagi Penyandang Disabilitas

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini