News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

30 Kata Mutiara Nasihat Utsman bin Affan, Sahabat Rasulullah SAW: Nilai Kehidupan hingga Kematian

Penulis: Citra Agusta Putri Anastasia
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi masjid - Berikut 30 kata mutiara nasihat Utsman bin Affan, sahabat Rasulullah SAW, tentang nilai-nilai kehidupan hingga kematian.

TRIBUNNEWS.COM - Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhu adalah khalifah ketiga dari empat khalifah di muka bumi yang diberi petunjuk (al-khulafa al-rasyidin).

Utsman bin Affan merupakan satu dari 10 sahabat yang dijamin surga oleh Allah SWT.

Dalam hadits Tirmidzi, Rasulullah bersabda:

"Dari Abdurrahman bin Auf, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, "Abu Bakar di surga, Umar di surga, Usman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa'ad di surga, Sa'id di surga, Abu Ubaidah bin Jarrah di surga." (HR. At-Tirmidzi).

Menurut buku Sirah 65 Sahabat Rasulullah SAW oleh Abdurrahman Ra’fat al-Basya, Utsman bin Affan disebut dzu nurain (pemilik dua cahaya).

Sebutan itu diberikan karena dirinya pernah berhijrah dua kali, dan juga dua kali menjadi menantu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Baca juga: 35 Kata Mutiara Abu Bakar Ash-Shiddiq Sahabat Rasulullah SAW tentang Kebaikan, Kesabaran, Kematian

Utsman bin Affan memiliki posisi terpandang di kalangan kaumnya pada masa Jahiliah.

Ia adalah orang yang memiliki harta kekayaan yang berlimpah, tetapi sangat rendah hati dan pemalu.

Oleh karena itu, Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhu menjadi satu dari orang-orang terbaik setelah  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Riwayat sahabat Ibnu Umar mengatakan:

"Kami (para sahabat) pernah menilai orang terbaik di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka kami dapatkan yang terbaik adalah Abu Bakar radhiyallahu anhu, kemudian Umar bin Khattâb Radhiyallahu anhu, kemudian Utsmân bin Affân, mudah-mudahan Allâh meridhai mereka semua“. [HR. al-Bukhari, no. 3655]

Oleh karena itu, tentu kita sepatutnya meneladani ucapan Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhu, setelah kita meneladani Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Utsman bin Affan. (Wikimedia.org)

Baca juga: 50 Kata Mutiara Umar bin Khattab Sahabat Rasulullah SAW soal Kehidupan, Akhlak, Pesan untuk Lelaki

Berikut 30 kata mutiara nasihat Utsman bin Affan, sahabat Rasulullah SAW, dikutip dari buku Mutiara Sahabat Rasulullah Saw oleh Radie Ramli:

1. "Dunia itu hijau (glamor) memikat manusia, banyak manusia suka padanya. Janganlah kalian menyandarkan diri pada dunia, jangan percaya padanya. Karena dunia itu tak dapat dipercaya. Ketahuilah, dunia itu tak meninggalkan siapa pun kecuali orang yang meninggalkannya."

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini