News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pentingnya Makanan Pendamping ASI untuk Si Buah Hati

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemberian MPASI organik untuk bayi seperti bubur organik dan camilan organik, dapat memberikan banyak manfaat untuk bayi.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) di tahun pertama, merupakan sebuah petulangan berkesan bagi si buah hati dan orangtua mereka.

Ini disebabkan apa yang dimakan si kecil pada tahap ini, berhubungan erat dengan tumbuh kembangnya.

"Proses ini merupakan pengalaman baru, seperti sebuah petualangan seru bagi si kecil," kata dr. Ajeng Indriastari, Sp.A dalam keterangannya, Rabu (10/3/2021).

Ajeng menambahkan, bahwa petualangan rasa ini sebenarnya sudah dimulai sejak anak di dalam kandungan.

Jadi anak dalam kandungan sudah merasakan berbagai rasa, oleh karena itu sangat penting untuk orang tua memerhatikan setiap milestone rasa dan perkembangan tekstur makanan saat MPASI agar anak tidak mengalami fase GTM.

Baca juga: Numa Sudah Berusia Enam Bulan, Mona Ratuliu Bagikan Tips untuk Beri MPASI kepada Bayi

Dikatakan Semua indera seperti perasa, pengecap, penciuman, peraba, hampir bisa sekaligus di eksplorasi dalam tahap ini.

Ilustrasi menu MPASI untuk bayi 12 bulan (freepik)

"Petualangan rasa ini harus didampingi oleh makanan yang bervariasi dan lezat sehingga bisa menggugah selera makan anak.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Memberikan Kuah Kaldu Pada MPASI Anak

Baca juga: Anak Sembelit di Masa Awal Konsumi MPASI, Orangtua Jangan Panik, Simak Penjelasan Dokter

Pada awal masa MPASI ternyata gula dan garam termasuk yang diperbolehkan untuk diberikan. Hanya orang tua juga harus mengetahui jumlah yang aman untuk dikonsumsi bayi.

Asupan gula dalam bentuk gula tambahan dibatasi di bawah 10% dari total asupan kalori harian untuk anak berusia 2-18 tahun, bahkan hingga < 5% total kalori untuk anak di bawah usia 2 tahun.

Mengutip dari WHO, 2015. Asupan gula yang memang disarankan adalah berupa gula alamiah, seperti buah segar, produk susu tanpa pemanis tambahan.

Sedangkan untuk kebutuhan garam pada anak usia 0-12 bulan =< 1 gram/hari (<400 mg Natrium), dan untuk anak pada usia 1-3 tahun adalah <2 gram/hari (<800mg). Garam ini juga boleh digantikan dengan penyedap yang sudah ber BPOM.

dr Farida Agustina Santosoatmodjo, Sp. KFR menyatakan, anak sulit makan bisa dikarenakan faktor medical, skill dan behaviour.

Penting sekali untuk menentukan sumber masalah dan solusi nya.

"Contohnya, untuk anak yang belum terlatih, dibutuhkan feeding therapy yang mencakup pengaturan jadwal makan, posisi makan, adaptasi tekstur, perbaikan motorik dan latihan oromotor-sensor," katanya.

Kenji Kusuma, General Manager dari Crystal of the Sea mengatakan bahwa White Anchovy Food Powder dari Crystal of the Sea, dalam satu takaran saji (1 sdt) hanya memiliki kadar garam (natrium) 70 mg.

Sedangkan untuk pelengkap MPASI, bisa diberikan kurang dari 1 tsp, yang artinya, kadar garam sangat rendah namun makanan bisa menjadi lebih gurih dan bernutrisi.

Satu takaran saji (1 sdt) dari White Anchovy Food Powder mengandung 202mg Omega-3, 74mg Kalsium dan 3g Protein.

“Terbuat dari 100% ikan teri pilihan yang sudah  melalui lab testing dan proses sortir yang lebih dari 6x sehingga dipastikan bebas formalin dan kotoran, Food Powder kami sangat aman untuk dikonsumsi mulai dari 6 bulan. Selain itu sudah tersertifikasi BPOM dan Halal MUI,” katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini