News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pentingnya Cek Kondisi Kulit Sebelum Gunakan Skincare untuk Mencegah Iritasi

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan produk perawatan kulit (skincare). Mengenali jenis kulit merupakan hak yang penting sebelum memilih skincare.

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di banyak negara di dunia, musim dingin maupun musim hujan terkadang mendatangkan malapetaka pada kondisi kulit kita.

Saat udara dingin dan kering di luar ruangan bertemu dengan udara panas dan kering di dalam ruangan, maka kondisi seperti 'Sahara' pun terjadi.

Bagi sebagian besar orang, kulit kering dapat secara mudah diatasi dengan menyesuaikan rutinitas penggunaan moisturizer.

Namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan produk perawatan kulit (skincare).

Baca juga: Jaga Penampilan Kulit saat Traveling, Luna Maya Bawa Sekoper Peralatan Skincare Seberat 2 Kilogram

Dikutip dari laman www.aad.org, Sabtu (13/5/2023), Dokter Spesialis Kulit bersertifikat di Atlanta, Amerika Serikat (AS) dari American Academy of Dermatology (AAD), Jason A Clark, MD, FAAD, mengatakan bahwa mengenali jenis kulit merupakan hak yang penting sebelum memilih skincare.

"Memilih skincare yang tepat untuk anda tentu bergantung pada jenis kulit dan tingkat keparahan kekeringan kulit yang anda alami," kata Clark.

Ia pun menyarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke Dokter Spesialis Kulit untuk mengetahui seperti apa kondisi kulit anda.

"Untuk saran yang paling tepat dan disesuaikan dengan jenis kulit anda, ada baiknya mengunjungi dokter kulit," jelas Clark.

Bagi anda yang memiliki jenis kulit normal, kata dia, menggunakan lotion pun sudah cukup untuk bisa melembabkan kulit, terutama pada mereka yang berusia muda.

"Jika anda mengalami kekeringan musiman pada kulit normal, lotion sudah cukup untuk sebagian besar orang muda," papar Clark.

Namun seiring bertambahnya usia, kulit menahan kelembaban lebih sedikit dan membutuhkan lebih banyak bantuan.

"Orang perimenopause dan semua orang yang berusia 50 tahun ke atas harus menggunakan pelembab berbasis krim," tutut Clark.

Baca juga: Intan Aletrino Sharing Soal Skincare dengan Selebgram Filipina Miss Glenda

Sedangkan untuk mereka yang memiliki kondisi kulit cenderung kering, ia menyarankan untuk mencari produk skincare yang lebih tebal dan lebih efektif dibandingkan sekadar lotion.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini