News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Merawat Kesehatan Kulit dan Wajah Bisa Dimulai dari Memperbaiki Pola Hidup

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi perawatan kulit.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA - Tanpa banyak disadari masyarakat Indonesia, gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab permasalahan kulit dan wajah.

Untuk itu, merawat kesehatan kulit dan wajah sebenarnya bisa dimulai dengan memperbaiki pola hidup terlebih dahulu.

Dermatolog,  dr Tary Mantra SpDV mengatakan, pola hidup yang sehat dan teratur mempunyai peran penting dalam kesehatan kulit.

"Menjaga pola hidup sehat, bisa dimulai dengan makan makanan yang seimbang dan bergizi, minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, dan rajin berolahraga," kata Tary dalam keterangannya, Kamis (8/6/2023).

dr Tary Mantra SpDV, seorang dermatolog.

Dikatakan Tary yang membuka praktek di Bali ini, meskipun terlihat mudah, menjaga pola hidup sehat justru merupakan hal tersulit dari semuanya.

Menjaga pola hidup sehat itu, artinya juga tidak menyentuh hal-hal yang tidak sehat.

Apalagi zaman sekarang, rasanya sulit sekali menahan untuk tidak makan makanan cepat saji, makanan berlemak, makanan dan minuman tinggi gula.

"Padahal, cepat atau lambat apa yang kita konsumsi akan berdampak nyata pada kulit dan wajah," katanya.

Hal itulah yang menyebabkan rata-rata masyarakat mengalami permasalahan kulit yang serupa, yaitu eksim (dermatitis).

Biasanya, orang yang sudah terkena dermatitis akan sering relaps (kambuh-kambuhan) sehingga  penting untuk tetap menjaga pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, manajemen stress yang baik, dan rajin berolahraga.

"Bagaimana kita harus mengerem keinginan untuk makan junk food terus-menerus, bagaimana kita harus menjaga waktu tidur yang cukup 7-8 jam per hari, belum lagi olahraga yang harus dilakukan rutin," jelasnya.

Untuk permasalahan wajah, dokter yang memiliki nama lengkap Ida Ayu Uttari Priyadarshini ini menyebut flek dan jerawat masih menjadi kasus yang sering ia temui.

Owner produk kecantikan Etskin mengatakan,  permasalahan wajah seperti jerawat dan flek, modalitas terapinya banyak dan tidak bisa instan, jadi perawatannya harus sabar dan telaten.

"Tapi jika permasalahannya sudah tidak wajar, maka bisa langsung konsultasikan ke dokter spesialis, ya.." kata Tary yang kerap membagikan tips dan trik merawat kesehatan kulit dan wajah di akin Instagramnya, @tarymantra_dermatologist, 

Dokter yang menempuh pendidikan spesialis di Universitas Udayana ini juga menyarankan agar wajah tetap terjaga, gunakanlah pelembap dan tabir surya sebelum beraktivitas sehari-hari.

Tary mengungkapkan saat ini dirinya tengah mengembangkan klinik dan brandnya sendiri sehingga semakin banyak ruang untuk masyarakat yang ingin berkonsultasi tentang permasalahan kulit dan wajah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini