News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Survei SPIN: Prabowo Unggul Jauh Dibanding Ganjar dan Anies jika Pilpres Digelar Hari Ini

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Suci BangunDS
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Elektabilitas Prabowo unggul jauh ketimbang Ganjar dan Anies menurut survei dari SPIN pada 27 April-4 Mei 2023 terhadap 1.230 responden. Ia meraih 33,2 persen sedangkan Ganjar memperoleh 17 persen dan Anies 16,6 persen.

TRIBUNNEWS.COM - Lembaga Survey dan Polling Indonesia atau SPIN membeberkan hasil surveinya terkait sosok yang akan dipilih publik jika Pilpres 2024 digelar hari ini.

Adapun tiga sosok teratas dari 13 tokoh yang masuk dan dipilih oleh 1.230 responden pada survei yang digelar pada 27 April-4 Mei 2023, yaitu Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Gubernur Jateng sekaligus capres PDIP Ganjar Pranowo, dan eks Gubernur DKI Jakarta sekaligus capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan.

Dalam survei tersebut, Prabowo unggul jauh dibanding Ganjar maupun Anies.

Ia pun memperoleh suara sebanyak 33,2 persen.

Sedangkan Ganjar hanya memperoleh suara sebanyak 17 persen dan unggul tipis dibanding Anies yang meraih 16,6 persen suara.

"Elektabilitas Prabowo masih merajai kontestasi capres 2024. Temuan survei April-Mei 2023 menemukan 33,2 persen publik masih konsisten menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo. Di posisi kedua menyusul masih ditempati Ganjar dengan perolehan 17 persen dan secara kontisten di posisi ketiga oleh Anies dengan 16,6 persen," tulis rilis pers yang diterima Tribunnews.com, Senin (8/5/2023).

Baca juga: Perbandingan 9 Hasil Survei Capres Terbaru, Nasib Prabowo Setelah Ganjar Diusung PDIP

Menurut analisa SPIN, tren kemenangan Prabowo tersebut terus bertambah meski Ganjar sudah dicalonkan oleh PDIP sebagai capres.

Senada dengan Ganjar, Anies pun turut mengalami penurunan.

Kemudian di posisi keempat ada Menteri BUMN, Erick Thohir yang memperoleh 4,5 persen dan diikuti Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan raihan 3,5 persen suara.

Selanjutnya di peringkat keenam hingga ketigabelas ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Ketua DPR, Puan Maharani.

Selengkapnya berikut rincian hasil survei capres yang dipilih publik jika Pilpres digelar sekarang berdasarkan survei SPIN.

1. Prabowo Subianto: 33,2 persen
2. Ganjar Pranowo: 17 persen
3. Anies Baswedan: 16,6 persen
4. Erick Thohir: 4,5 persen
5. Ridwan Kamil: 3,5 persen
6. Khofifah Indar Parawangsa: 3 persen
7. AHY: 2,6 persen
8. Mahfud MD: 2 persen
9. Puan Maharani: 1,8 persen
10. Sandiaga Uno: 1,4 persen
11. Muhaimin Iskandar: 1,4 persen
12. Airlangga Hartarto: 1,4 persen
13. Andika Perkasa: 1,2 persen
14. Belum punya pilihan: 12,5 persen

Prabowo Tetap Unggul Jauh Ketimbang Ganjar-Anies Jika Pilpres Digelar Tiga Kandidat

Elektabilitas bakal kandidat capres Pemilu 2024 Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo. (Foto Kolase Tribunnews.com)

Prabowo Subianto kembali unggul jauh ketimbang Ganjar dan Anies jika mereka adalah capres yang ikut berkontestasi dalam Pilpres dan digelar pada hari ini.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini