News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Politikus NasDem Ungkap Satu Nama Bakal Cawapres Sudah Ada di Kantong Anies Baswedan

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan memberikan pidato politik saat acara Temu Kebangsaan Relawan Anies Baswedan di Stadion Tennis Indoor, Kawasan GBK Senayan, Jakarta, Minggu (21/5/2023). Politikus NasDem Taufik Basari mengungkap saat ini satu nama bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) telah dikantongi bakal Capres Anies Baswedan.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari mengungkap saat ini satu nama bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) telah dikantongi bakal Capres Anies Baswedan.

Pria yang akrab disapa Tobas itu menyebut, Tim Kecil bentukan Koalisi Perubahan sudah menyetorkan satu nama bakal cawapres kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Iya (Tim Kecil sudah setor satu nama cawapres ke Anies). Jadi sekarang semuanya sudah diserahkan kepada Pak Anies. Jadi kita sudah tidak pegang bola lagi, bolanya ada di Pak Anies,” kata Tobas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Terkait pengumuman bakal cawapres, Tobas mengatakan hal tersebut diserahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan.

Pasalnya, tiga partai di Koalisis Perubahan, yakni Partai NasDem, Demokrat, dan PKS sepakat menyerahkan penentuan bakal cawapres kepada Anies Baswedan.

"Kita sudah sampaikan satu nama ke Pak Anies, dan kita serahkan sepenuhnya kepada Pak Anies untuk menentukan dan menyampaikan, termasuk juga memastikan kapan akan diumumkan," katanya.

Baca juga: Cawapres Anies Baswedan Dinilai Jadi Kejutan Buat Publik Jika yang Diumumkan Bukan AHY

Sebelumnya, Partai NasDem mengungkapkan bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan sudah mengerucut ke satu nama.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan mengatakan bakal cawapres itu sudah diputuskan dalam tim delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

"Cawapres itu sudah kita putuskan di tim 8 jadi 1 nama iya," kata Willy di NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Menurut Willy, kedatangan Anies ke Pacitan bertemu Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga melaporkan nama cawapres tersebut.

Baca juga: Demokrat Desak Anies Baswedan Segera Tentukan Cawapres Gegara Elektabilitas Terus Merosot

"Itulah kemarin Pak Anies dan tim ke Pacitan menyampaikan ke Mas AHY dan Pak SBY," ujarnya.

Dia menyebut kedatangan Anies ke NasDem Tower hari ini juga guna menyampaikan cawapres tersebut.

"Tadi ke Pak Surya Paloh," ujarnya.

Lebih lanjut, Willy menjelaskan pengumuman cawapres Anies paling lambat digelar pada 16 Juli 2023.

"Deadline waktu yang sudah kita siapkan di tim 8 itu paling lambat deklarasinya 16 Juli, tapi 1 namanya sudah," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini