News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

3 Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres: Persaingan Ketat Prabowo-Gibran vs Ganjar-Mahfud

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dari kiri ke kanan: Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden ini mengenakan pakaian yang berbeda saat mendaftarkan diri ke KPU. Simak tiga hasil survei elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) pada Pilpres 2024 nanti.

TRIBUNNEWS.COM - Simak tiga hasil survei elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) pada Pilpres 2024 nanti.

Saat ini, ketiga pasangan calon (paslon) telah selesai mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan masing-masing telah menjalani tes kesehatan.

Berdasarkan tiga hasil survei elektabilitas capres-cawapres, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bersaing ketat dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sementara itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin masih konsisten berada di peringkat ketiga.

Baca juga: Gibran Tak Masalah Dicap Pengkhianat Karena Membelot Dari PDIP Jadi Cawapres Prabowo

1. Indikator Politik Indonesia

Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas tiga bacapres-bacawapres di Pemilu 2024 mendatang.

Survei Indikator Politik dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusan soal gugatan batas usia capres-cawapres.

Survei tersebut dilakukan mulai 16 sampai 20 Oktober 2023.

Jumlah responden dalam survei tersebut sebanyak 2.567 orang. Metode yang dilakukan ialah dengan survei tatap muka.

Dikutip dari tayangan YouTube Kompas TV, berdasarkan hasil survei itu, pasangan Prabowo-Gibran berada di puncak.

Mereka memiliki elektabilitas sebesar 36,1 persen.

Kemudian disusul oleh Ganjar-Mahfud MD dengan 33,7 persen dan Anies-Muhaimin di posisi ketiga dengan mendapatkan 23,7 persen.

Bakal calon presiden (capres) - calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka rampung menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Kamis (26/10/2023).  (Tribunnews.com/Igman Ibrahim)

2. Lembaga Survei Indonesia (LSI)

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan dukungan terhadap Prabowo Subianto akan meningkat apabila maju ke kontestasi Pilpres 2024 dengan menggandeng Gibran Rakabuming Raka.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, di kanal YouTube Lembaga Survei Indonesia bertajuk 'Sikap Publik terhadap Putusan MK dan Dampaknya terhadap Dukungan Politik dalam Pemilu 2024' disiarkan Minggu (22/8/2023).

"Ketika kita tanyakan secara umum dukungan masyarakat terhadap tiga nama calon presiden, seperti yang sudah saya sampaikan di depan, ada 35,8 persen mendukung Prabowo, 30,9 persen mendukung Ganjar, 19,3 persen mendukung Anies," kata Djayadi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini