News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Gibran 'Longok-Longok' ke Mahfud MD di Debat Cawapres: Saya Ga Ketemu Jawabannya, Prof

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Momen cawapres Gibran Rakabuming Raka 'longok-longok' mendengar jawaban cawapres Mahfud MD dalam debat cawapres Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jjakarta, Minggu (21/1/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon wakil presiden RI (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka memberikan gesture sindiran atas jawaban atau respons dari cawapres nomor urut 3, Mahfud MD terhadap pernyataannya dalam debat cawapres Pilpres 2024.

Debat tersebut digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Gibran menunjukkan gesture seperti orang yang sedang mencari-mencari jawaban Mahfud MD. Putra Presiden Jokowi itu mengaku tidak menemukan jawaban atas pertanyaan yang ia sampaikan.

Mulanya, Gibran yang dapat kesempatan bertanya justru meminta komitmen Mahfud tentang cara mengatasi greenflation atau inflasi hijau di Indonesia.

Mendapat pertanyaan Gibran itu, Mahfud MD menyinggung soal pembangunan ekonomi hijau sebagai upaya untuk mencegah inflasi tersebut.

"Untuk mengatasi inflasi hijau, apa sih inflasi hijau? Kan ekonomi hijau, ekonomi hijau itu adalah ekonomi sirkuler. Di mana sebuah proses pemanfaatan produk ekonomi, pangan. 

Misalnya, atau apa, produksi apapun diproduksi, kemudian dimanfaatkan, direcycle, bukan dibuat," kata Mahfud menjawab pertanyaan Gibran.

Mendengar jawaban dari Mahfud MD itu, secara garis besar Gibran mengaku tidak mendapatkan solusi atas masalah greenflation yang ia tanyakan.

Gibran lantas menunjukkan gesture celingak-celinguk di belakang podiumnya. Kata dia, yang ditanyakan adalah bagaimana mengatasi inflasi hijau bukan soal ekonomi hijau seperti yang dijelaskan Mahfud.

"Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari-nyari di mana ini jawabannya? kok gak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau, kok malah menjelaskan ekonomi hijau, Prof Mahfud yang namanya greenflation itu, inflasi hijau itu," kata Gibran.

Baca juga: Mahfud Sebut Pertanyaan Gibran Tak Layak Dijawab: Bagi Akademis Itu Recehan

Dirinya lantas memberikan contoh sederhana soal inflasi hijau itu, kata Gibran salah satu contohnya terjadi di Prancis yang menggelar demo rompi kuning.

Kata dia, kondisi itu justru merugikan masyarakat karena menjadi korban. Oleh karenanya Gibran beranggapan dalam upaya menuju ekonomi hijau harus juga perhatikan potensi inflasinya.

"Intinya, transisi menuju energi hijau itu musti super hati-hati. Jangan sampai membebankan RnD yang mahal, proses transisi yang mahal ini kepada masyarakat, pada rakyat kecil, itu maksud saya inflasi hijau," tukas dia.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI malam ini menggelar debat keempat yang diikuti oleh cawapres malam ini. Tema yang diusung didebat keempat ialah "Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup, Sumber Daya Alam dan Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa."

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini