News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Anies Baswedan: Penghitungan Suara di KPU Belum Selesai

Penulis: Yulis
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kandidat presiden Anies Baswedan menunjukkan jarinya yang berlumuran tinta setelah memberikan suaranya untuk memilih dalam pemilihan presiden dan legislatif Indonesia di sebuah TPS di Jakarta pada 14 Februari 2024. - Pemungutan suara dimulai pada 14 Februari dalam pemilihan presiden, pemilihan umum nasional dan pemilihan provinsi di lebih banyak lebih dari 800.000 TPS di seluruh negeri, dengan hampir 205 juta orang berhak memberikan suara mereka. Anies Rasyid Baswedan menegaskan bahwa proses penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum selesai. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Capres nomor urut 01, Anies Rasyid Baswedan menegaskan bahwa proses penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum selesai.

Dia menegaskan lembaga yang diketuai Hasyim Ashari masih melakukan penghitungan suara yang didapat partai dan lain-lain terus dijalankan.

"Saya adalah demokrat sejati. Kami akan menghormati hasil yang dimunculkan dari aspirasi rakyat. Dan kita harus menghormati aspirasi, kemauan rakyat. Berikan kewenangan total kepada penyelenggara negara untuk menuntaskan tugasnya," kata Anies kepada awak media di Markas Pemenangan Timnas AMIN, Jalan Diponegoro 10, Jakarta Pusat, Rabu (14/2).

Tugas KPU kata Anies bukan saja menyelenggarakan pilpres, tapi menuntaskan proses penghitungan.

"Kita semua akan hargai, hormati, dan taati," ujar dia.

Anies menegaskan ketika KPU telah menetapkan hasilnya maka pihaknya akan menghargai dan terus bekerja untuk menggaungkan perubahan.

Dia menjelaskan bahwa perubahan adalah sebuah keniscayaan.

"Kami akan tunggu sampai hasil survei selesai. Kami akan menghargai, menghormati bahwa itu adalah komitmen kami sebagai orang yang memperjuangkan demokrasi," tutur Anies.

Baca juga: Ganjar-Mahfud Unggul di TPS 12 Panembahan, Tempat Sri Sultan HB X dan Keluarga Mencoblos

Adapun Cawapres Muhaimin Iskandar mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayai suaranya kepada paslon nomor 1.

Dia meminta agar pejuang perubahan untuk menjaga suara, TPS, melanjutkan pengawalan suara sampai akhir penghitungan yang dilakukan KPU.

"Jangan lengah, jangan terprovokasi, oleh berita-berita maupun perkembangan yang dimainkan," ujar Imin.

Ketua Umum PKB itu meminta agar pejuang perubahan untuk waspada karena pada dasarnya prosesnya masih panjang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini