News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub Jawa Tengah

Pengamat Soal Peluang Kaesang Maju di Pilkada Jateng: Semua Tokoh Masih Bisa Menang 

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan istri, Erina Gudono. Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komaruddin nilai semua tokoh termasuk Kaesang punya peluang sama di Pilkada Jateng.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komaruddin bicara mengenai peluang Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, di Pilkada Jawa Tengah (Jateng).

Menurutnya, saat ini semua tokoh masih punya peluang yang sama di Pilkada di Jateng.

"Kalau kita bicara menangnya semuanya masih bisa menang fifty fifty bisa menang juga bisa tumbang, dalam konteks dia latar belakang Kaesang ya dia kan memang, dia muncul dia terkenal, dia menjadi tokoh karena ayahnya," kata Ujang kepada wartawan, Jumat (5/7/2024).

Ujang menyebut, soal bisa menang di Jateng atau tidak, perlu melihat lebih dahulu siapa lawan politik untuk Kaesang. 

Terlebih, Jateng adalah kandang banteng yang identik dengan PDIP.

"Soal bisa menang atau tidak wallahualam belum tahu karena harus dilihat juga siapa lawan politik Kaesang nanti di Jawa tengah karena bagaimanpun PDIP tidak mau kehilangan muka tidak mau kalah," ujarnya.

"PDIP juga punya gigi sendiri taring sendiri di Jawa Tengah oleh karena itu seandainya Kaesang maju di Jawa Tengah pertarungannya akan sengit, sangat berat untuk bisa melawan calon atau dari kubu PDIP," imbuhnya.

Lebih lanjut Ujang mengakui, sosok Kaesang memang menonjol di Jateng karena dia adalah putra bungsu Presiden Jokowi. Hal ini pun menjadi perhitungan bagi kandidat lain.

"Tentu itu kelebihannya yang tentu dihitung oleh kandidat atau lawan politik lain oleh karena itu saya melihat ketat persaingan di Jateng sengit, siapapun kandidatnya ada Kaesang atau tidak saling bertarung keras," tandasnya.

Baca juga: PDIP Siapkan Andika Perkasa Maju Pilgub Jateng, Gerindra Tegaskan Siap Berkompetisi dengan Siapapun 

Sejauh ini, Kaesang memang santer akan maju di Pilkada Jakarta atau Pilkada Jawa Tengah. Namun, belakangan hasil survei LSI mengklaim popularitas Kaesang menduduki urutan pertama di Jawa Tengah.

Dalam hasil survei bertajuk 'Pilkada di Daerah Kunci: Siapa Unggul di Jawa Tengah?' itu nama Kaesang unggul dalam simulasi 21 nama dan 6 nama kandidat.

"Kalau kita kerucutkan dengan memberi daftar 21 nama, nama ini yang beredar di masyarakat, baik di media bakal-bakal calon ini, yang sementara unggul ini nama Kaesang Pangarep disusul oleh Ahmad Luthfi, Abdul Wachid, Raffi Ahmad juga ada di situ, Pak Bambang Wuryanto Pacul, Sudaryono, Hendrar Prihadi mantan walikota Semarang," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat menyampaikan hasil surveinya secara daring, Minggu (30/6/2024).

Djayadi lantas membeberkan perolehan tingkat elektabilitas Kaesang jika simulasi 21 nama itu terjadi di Pilkada Jawa Tengah tahun ini.

Dimana hasilnya, Kaesang memperoleh 15,9 persen suara, disusul Kapolda Jateng Irjen pol Ahmad Luthfi 12,9 persen, Abdul Wachid 7,8 persen, Raffi Ahmad 6,8 persen, Bambang Wuryanto 5,8 persen dan Sudaryono serta Hendrar Prihadi masing-masing 4,7 persen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini